√ Apa Itu Deadline dalam Kuliah? - Sahabat Inspirasi

Apa Itu Deadline dalam Kuliah?

Kebanyakan mahasiswa baru mengalami culture shock di awal-awal masa kuliahnya. Tak jarang, mereka kerap tumbang karena ritme baru di dunia perkuliahan. Obat seperti Neozep Forte sangat dibutuhkan untuk mengatasi kondisi tersebut.

Padahal kondisi tubuh prima dapat mendukung fase awal kuliah yang penuh dengan kegiatan, belum lagi adanya tugas yang harus dikumpulkan sesuai dengan tenggat waktu alias deadline.

Tak jarang mahasiswa baru kerap menjadi pemburu deadline alias deadliner yang berkejar-kejaran dengan waktu. Tentunya kondisi tersebut akan sangat berpengaruh pada kesehatan fisik maupun mental bagi para mahasiswa baru.

Lalu kira-kira apa yang dimaksud dengan deadline dalam kuliah dan tips untuk menghadapinya? Yuk simak artikel ini sampai habis!


Mengenal Deadline dalam Kuliah


Apa Itu Deadline dalam Kuliah?

Saat kuliah Anda akan dihadapkan pada tugas yang deadline pengumpulannya saling susul menyusul. Secara harfiah deadline adalah tenggat waktu yang diberikan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas.

Namun meski sudah diberikan deadline yang panjang, terkadang menjadi deadliner selalu tampak menarik. Deadliner adalah orang yang lebih memilih untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan pada saat mendekati tenggat waktu.

Mereka umumnya percaya akan "The Power of Kepepet", meski memang bagi sebagian orang keterdesakan waktu mampu memicu otak lebih kreatif dan berperan secara optimal.

Meski demikian kebiasaan deadliner patut diwaspadai untuk kesehatan fisik dan mental. Tugas kuliah yang menumpuk kian harinya, akan menggerus kesehatan fisik jika dikerjakan dalam waktu bersamaan. Selain itu resiko burn out, karena terlalu lama berpikir pun adalah hal yang tidak bisa dihindari.

Oleh karena itu, bagi para deadliner ada baiknya mempertimbangkan untuk mengubah pola pikir dan mencoba mengerjakan tugas dengan cara mencicil.

Tips Menghadapi Deadline Kuliah


Deadline tugas dalam kuliah mengasah kemampuan manajemen waktu dan kedisiplinan mahasiswa. Kedua soft skills ini membutuhkan konsistensi untuk membentuknya, salah satunya adalah dengan tugas-tugas kuliah.

Arti deadline dalam kuliah tidak jauh berbeda dengan deadline pada umumnya, yakni persoalan tentang tenggat atau batas waktu dikumpulkan tugas-tugas perkuliahan.

Sebagai mahasiswa, tugas kuliah beserta deadlinenya adalah hal yang tidak dapat dihindari. Tugas dan Deadline kuliah akan menjadi sahabat akrab, jika Anda menerapkan 4 tips berikut ini:

1. Biasakan Bekerja Berdasarkan Skala Prioritas


Deadline tugas kuliah akan lebih mudah dikerjakan jika dibuat berdasarkan skala prioritas.

Anda bisa memulai membuat skala prioritas dengan membuat list tugas. Setelah itu buatlah skala prioritas berdasarkan tenggat waktu pengumpulan ataupun dari bobot tugas itu sendiri.

Umumnya tugas yang lebih mudah, akan lebih cepat dikerjakan sehingga Anda dapat berganti ke tugas yang lainnya tanpa memakan waktu lama. Namun jangan lupakan tenggat waktu agar tidak dikejar deadline. Dikejar deadline artinya diburu-buru oleh waktu saat melakukan pekerjaan.

2. Jangan Lupa Istirahat


Perhatikan sinyal tubuh, istirahatlah yang cukup. Istirahat yang cukup akan membuat kondisi badan menjadi lebih prima sehingga organ tubuh, termasuk otak dapat berfungsi optimal.

Tentunya kondisi badan yang prima akan mendukung kelancaran dalam mengerjakan dan memenuhi deadline tugas.

3. Konsumsi Makanan sehat


Tak hanya istirahat, untuk mendukung kondisi badan yang prima tubuh memerlukan asupan nutrisi yang seimbang. Anda dapat mengkonsumsi makanan sehat untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas, termasuk mengerjakan tugas.

4. Komitmen dalam Menyelesaikan Tugas


Terakhir adalah komitmen dalam menyelesaikan tugas. Meski kondisi badan prima dan skala prioritas sudah dibuat namun semua itu tidak berarti jika Anda tidak memiliki komitmen untuk menyelesaikannya.

Konsisten lah untuk berkomitmen mengerjakan dan menyelesaikan tugas sebagai latihan mengembangkan kedisiplinan yang akan berguna untuk masa depan Anda.

Demikian ulasan tentang deadline kuliah dan tips untuk menghadapinya. Jika Anda mulai tumbang karena dikejar deadline, maka Neozep Forte dapat dijadikan pilihan untuk memperbaiki kondisi tubuh agar dapat mengumpulkan tugas sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

Get notifications from this blog