√ Apa Itu Sandwich Panel? - Sahabat Inspirasi

Apa Itu Sandwich Panel?

Sandwich panel kerap dijumpai dengan proyek konstruksi suatu bangunan. Istilah sandwich panel merujuk pada salah satu bagian bahan bangunan yang memiliki tiga bagian dan ditempel menjadi satu.

Mengapa disebut sandwich panel? Hal itu karena strukturnya yang disusun oleh dua penjepit berbahan keras dan tipis yang mengapit bagian inti layaknya roti sandwich.

Umumnya, sandwich panel dimanfaatkan untuk berbagai konstruksi serta industri tertentu, seperti gudang elektronik dan garmen, perumahan, perkebunan, peternakan, pusat perbelanjaan di kota besar, rumah sakit, gedung aula, pabrik, dan sebagainya.


Pengertian Sandwich Panel


Sandwich panel adalah panel yang terdiri dari tiga lapisan yang mana lapisan bagian tengahnya berupa material tebal dengan kepadatan tinggi, tetapi tidak sekuat dua lapisan pengapitnya.

Dua lapisan tipis yang menjadi pengapitnya disebut sebagai penutup atau lapisan kulit, sementara lapisan tengahnya disebut sebagai inti core.

Lapisan kulit panel yang menjadi penutup sandwich panel dibuat dari bahan plat zincalume atau galvanis yang direkatkan pada kedua sisi lapisan insulasi atau yang disebut sebagai insulated sandwich panel.

Jenis Sandwich Panel


Apa Itu Sandwich Panel?

Berikut ini beberapa jenis sandwich panel berdasarkan inti dan penggunaannya.

Sandwich Panel Berdasarkan Inti


1. Expanded Polystyrene (EPS)

Material EPS diketahui sangat ringan dan tahan panas. Ukurannya sendiri sangat bervariasi, yakni 40, 50, 75, 100, 125, 150, 175, dan 120 mm.

2. Polyurethane (PU)

Keunggulan jenis ini, yakni thermal konduktivitasnya yang rendah, dapat mencegah kondensasi, dan hemat energi. Ukuran ketebalannya, yakni 50, 75, 100, 125, dan 150 mm.

3. Glass Wool Panel

Glasswool panel memiliki ciri tahan api dan tidak menghasilkan gas beracun ketika terbakar. Jenis ini umumnya memiliki ketebalan 50, 75, 100, dan 125 mm.

Sandwich Panel Berdasarkan Penggunaan


Berdasarkan penggunaan kebutuhan konstruksi, ada beberapa jenis sandwich panel yang bisa digunakan, yaitu:

1. Sandwich Panel Dinding

Panel ini dimanfaatkan untuk kebutuhan dinding pada rumah sehingga diperlukan jenis sandwich yang mampu memberikan kekuatan dan kekakuan terhadap bangunan.

Hal itu dikarenakan dinding sandwich panel ini memiliki ukuran yang lebih tebal dan berat. Lapisan dalam sandwich panel dinding memanfaatkan material busa poliuretan.

2. Sandwich Panel Khusus

Pemasangan sandwich panel ini hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan dan keperluan pembangunan konstruksi tertentu, seperti pembangunan gudang, freezer, dan sejenisnya.

Terdapat isolasi termal di dalamnya dengan ketebalan sekitar 40 mm – 25 cm. Panel khusus yang tipis digunakan untuk konstruksi struktur yang ringan atau outlet, sementara sandwich panel tebal untuk membangun ruang yang dingin.

Sandwich panel ini mempunyai berbagai jenis ukuran, sistem pengancing, tekstur tertentu, dan lainnya.

3. Sandwich Panel Atap

Jenis ini digunakan untuk kebutuhan atap rumah prefabrikasi. Material sandwich panel atap umumnya mempunyai ciri, seperti tekstur halus, ketebalan logam 0,6 mm, dan lapisan penahan panas 50–70 mm.

Material yang digunakan sandwich panel ini merupakan fiberglass yang mempunyai fungsi baik guna membantu menahan panas.

Adapun untuk harga sandwich panel dari setiap jenisnya tergantung dari material intinya dan proyek tertentu. Ketebalan dinding dan plafon dari bahan ini pun mempengaruhi harganya.

Kelebihan Sandwich Panel


Tentu banyak kelebihan yang bisa dirasakan bila menggunakan sandwich panel dibandingkan material konvensional, di antaranya:

  • Pemasangannya lebih cepat dan perawatannya mudah
  • Peredam panas dan peredam suara yang baik
  • Lebih ekonomis waktu dan tenaga
  • Hemat energi
  • Tahan terhadap gempa
  • Bahan ringan
  • Siap pasang tanpa finishing
  • Custom made
  • Simpel

Adapun tren penggunaan sandwich panel terus meningkat dikarenakan pemasangannya yang mudah dan harga sandwich panel lebih murah dibandingkan rakitan dinding lainnya.

Di samping itu, konstruksi sandwich panel Indonesia membutuhkan kecermatan dan pengalaman untuk hasil terbaik. Oleh sebab itu, Tim dari PT. Pandu Anugerah Persada hadir dengan tim ahli berpengalaman di bidang konstruksi sandwich panel guna membantu Anda.

Demi mengedepankan kualitas dan profesionalitas di bidang jasa konstruksi bangunan prefabrikasi sandwich panel, PT. Pandu Anugerah Persada siap melayani Anda, mulai dari pemasangan pintu sandwich panel, pembuatan Cold Storage, Clean Room, HVAC, konstruksi baja, hingga mekanikal electrical.

Get notifications from this blog