√ 4 Cara Merawat Lantai Kayu Kamar Anda - Sahabat Inspirasi

4 Cara Merawat Lantai Kayu Kamar Anda

Kamar lantai kayu nyatanya merupakan desain favorit bagi banyak rumah tangga selain karena alasan estetika namun juga perawatannya yang mudah.

Namun, karena kayu berasal dari material alami, maka cukup rentan untuk mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan benar.

Sebab, apabila lantai kayu rumah minimalis ini tidak dirawat dengan benar, maka tentu akan menjadi sasaran empuk tumbuhnya jamur dan juga [penumpukan residu noda yang tertinggal.

Akan tetapi jangan khawatir, sebab ada beberapa cara merawat lantai kayu untuk menjaga kualitasnya tetap bagus untuk jangka waktu yang lebih lama. Apa saja itu? Simak daftar lengkapnya pada artikel ini.


Cara Merawat Lantai Kayu


Cara Merawat Lantai Kayu Kamar Anda

Desain kamar lantai kayu belakangan ini menjadi favorit bagi banyak orang karena cocok untuk berbagai desain rumah mulai dari minimalis, kontemporer, dan juga klasik.

Sebab, jenis lantai ini menjadikan rumah memiliki nuansa yang lebih natural dan hangat sehingga akan membuat siapapun betah berada di sana.

Namun berbeda dengan lantai keramik, ada beberapa cara merawat lantai kayu yang harus diperhatikan, diantaranya adalah:

1. Menghindari Kelembaban yang Berlebihan


Salah satu penyebab kerusakan dari lantai kayu yaitu adalah kelembaban yang berlebihan. Oleh karena itu, dibandingkan dengan membersihkannya menggunakan cairan pembersih lantai kayu, lebih baik cukup disapu saja.

Sebab, bila dibersihkan dengan cara dipel, maka akan terdapat genangan air yang dapat mengendap di bagian plywood. Hal ini tentu akan menjadikan lantai kayu murah maupun malah mengalami pelapukan.

Bahkan, kelembaban ini juga dapat mengakibatkan lapisan atas kayu terkelupas akibat perbedaan tekanan yang cukup intens. Hal ini juga menjadi penyebab lantai kayu sering mengeluarkan decitan yang mengganggu saat diinjak.

2. Membersihkan Lantai Menggunakan Lap Kering


Apabila terdapat noda bekas makanan atau cairan yang tidak bisa dibersihkan dengan sapu, maka Anda dapat menggunakan lap kering. Bisa dengan menggunakan tisu ataupun bekas kain yang sudah tidak terpakai.

Namun jika noda tetap sulit untuk dihilangkan, maka Anda dapat menggunakan cairan pembersih lantai kayu alami menggunakan beberapa bahan seperti air lemon, belimbing wuluh ataupun cuka putih.

Ketiganya tidak hanya dapat mengangkat noda pada kayu saja akan tetapi juga dapat membantu kayu kembali lebih terlihat berkilau.

3. Pindahkan Posisi Perabot dengan Benar


Baik lantai kayu murah ataupun mahal tentu akan sangat rentan dengan adanya gesekan sehingga menimbulkan bekas. Jadi, apabila Anda hendak memindahkan perabotan, maka alangkah lebih baik jika diangkat saja alih-alih digeser.

Sebab, gesekan ringan saja dapat membuat permukaan lantai kayu menjadi lecet-lecet dan mengurangi nilai estetikanya.

Apabila perabot terlalu besar, maka Anda dapat memindahkannya dengan cara melapisi bagian bawah perabotan tersebut menggunakan furniture pads.

4. Rutin Melakukan Pemolesan Lantai


Cara merawat lantai kayu sekaligus yang tidak boleh dilupakan, yaitu adalah rutin melakukan pemolesan lantai. Walaupun terbilang cukup rumit, namun Anda perlu melakukan ini setidaknya setengah tahun sekali.

Sebab, hal ini sangat efektif untuk mengisi kembali goresan-goresan pada lantai kayu sehingga bisa kembali mulus dan mengkilap.

House of Countrywood, Solusi Terbaik untuk Lantai Kayu Jakarta Berkualitas


Selain mengetahui cara merawat lantai kayu, pastikan juga untuk memilih vendor yang terpercaya dan menyediakan pilihan kayu yang berkualitas tinggi. Tujuannya agar lantai kayu milikmu menjadi lebih awet dan tahan lama.

Salah satu jasa lantai kayu Jakarta dengan kualitas terbaik untuk para pelanggannya yang dapat Anda pilih yaitu adalah Countrywood.Countrywood merupakan retailer bahan bangunan dan supplier lantai kayu yang memiliki kualitas yang tahan lama, praktis dan juga terjangkau.

Baik kayu asli maupun kayu sintetis bisa Anda dapatkan dengan mudah di Country Wood. Beberapa produk yang disediakan dan juga kisaran harga lantai kayu sintetis maupun asli yang dimiliki oleh Countrywood sehingga dapat Anda pilih antara lain adalah:

  • Parquet (Laminated Flooring): Rp. 153.000/m2.
  • Adhesive Vinyl Flooring 2mm: Rp. 98.000/m2.
  • Vinyl Flooring 3mm: Rp. 153.000/m2.

Selain itu masih ada seri premium lainnya yang disediakan oleh jasa lantai kayu jakarta ini yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, apabila kamu sedang mencari supplier lantai kayu murah di Wilayah Jakarta, maka House of Countrywood adalah solusinya!

Get notifications from this blog