√ 5 Manfaat Asuransi Pendidikan Untuk Masa Depan Anak - Sahabat Inspirasi

5 Manfaat Asuransi Pendidikan Untuk Masa Depan Anak

Asuransi merupakan sebuah alat proteksi atau perlindungan jangka panjang pada seseorang ataupun benda. Manfaat asuransi ada banyak, salah satunya adalah memberikan rasa tenang jika terjadi hal yang tidak diinginkan di masa depan.

Salah satu jenis asuransi yang diperlukan yaitu asuransi pendidikan. Sebagai orang tua, mempersiapkan asuransi pendidikan terbaik untuk anak sangat penting untuk dilakukan. Dengan mempersiapkan asuransi pendidikan untuk anak, maka akan sangat bermanfaat bagi masa depannya kelak.

Apa Itu Asuransi Pendidikan


Pengertian asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan atas pendidikan anak di masa yang akan datang. Selain itu, produk asuransi ini juga bertujuan untuk memberikan jaminan pendidikan anak di masa depan.

Cara kerja asuransi pendidikan ini mirip dengan jenis asuransi lainnya. Nasabah harus menyetorkan sejumlah uang kepada perusahaan asuransi tertentu setiap bulan selama masa pendidikan.

Nantinya, premi yang telah disetorkan bisa digunakan untuk membayar biaya pendidikan anak. Selain itu, premi ini juga memiliki asuransi jiwa untuk melindungi nasabah atau orang tua yang memberikan nafkah kepada anak.

Biasanya produk asuransi pendidikan adalah dari jenis asuransi unit link, dwiguna, dan syariah. Karena bentuk asuransi pendidikan ini seperti tabungan, maka orang tua bisa memanfaatkannya sebagai alternatif biaya pendidikan anak yang semakin meningkat.

Manfaat Asuransi Pendidikan


Manfaat Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan sangat bermanfaat bagi anak dan orang tua yang menanggungnya. Dengan memberikan asuransi pendidikan anak terbaik, maka biaya pendidikan anak pun lebih terjamin.

Seperti yang diketahui, biaya pendidikan bisa naik seiring waktu akibat adanya inflasi maupun faktor lainnya. Selain itu, orang tua atau pemberi nafkah anak juga mempunyai resiko yang tidak terduga dan bisa terjadi sewaktu-waktu, seperti sakit, bangkrut dan sebagainya.

Jika hal tersebut terjadi, orang tua masih bisa bernapas lega karena asuransi pendidikan akan mengcover biaya pendidikan anak meskipun orang tua sudah tidak sanggup membiayai. Adapun beberapa manfaat asuransi pendidikan adalah sebagai berikut:

1. Menjamin Dana Pendidikan Anak


Dengan memiliki asuransi pendidikan, manfaat yang akan Anda dapatkan adalah jaminan berupa dana pendidikan anak di masa depan. Orang tua tidak perlu khawatir lagi mengenai biaya yang akan dibayarkan untuk pendidikan anak karena sudah dibantu dengan adanya asuransi ini.

Jika pemberi nafkah mengalami musibah tertentu yang mengakibatkannya tidak bisa lagi membayar biaya pendidikan anak, maka perusahaan asuransi akan menjamin biaya pendidikannya. Dana tersebut diambil dari tabungan asuransi yang sudah disiapkan sebelumnya.

2. Memberikan Rasa Tenang dan Aman


Selanjutnya, asuransi pendidikan juga akan membuat Anda merasa lebih tenang dan aman. Hal ini dikarenakan, Anda telah mempersiapkan dana pendidikan untuk anak dengan jumlah tertentu sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Anda bisa memilih perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi pendidikan dan melakukan perjanjian. Dengan menyiapkan dana pendidikan ini, Anda tidak perlu khawatir jika terjadi hal yang tidak diinginkan karena telah memiliki dana darurat untuk biaya pendidikan anak.

3. Merencanakan Pendidikan Anak


Saat membeli produk asuransi pendidikan, orang tua perlu melakukan perjanjian tertentu dengan perusahaan asuransi. Isi dari perjanjian ini salah satunya adalah besar dana yang akan dialokasikan untuk pendidikan anak kedepannya.

Anda tentunya perlu merencanakan pendidikan anak dan jumlah dananya sehingga cukup untuk membiayainya. Setelah merencanakannya, Anda bisa mulai membayar premi setiap bulannya kepada perusahaan pengelola asuransi tersebut.

4. Jumlah Premi Fleksibel


Diketahui, jumlah premi yang akan dibayarkan oleh orang tua untuk pendidikan anak lebih fleksibel. Hal ini berdasarkan rencana jenjang pendidikan yang akan ditempuh anak nantinya

Semakin tinggi jenjangnya, tentunya semakin tinggi pula premi yang perlu dibayarkan setiap bulannya. Selain itu, waktu pembayaran pun juga fleksibel, tergantung dari persetujuan Anda dengan perusahaan asuransi yang dipilih.

5. Belajar untuk Mengatur Keuangan


Manfaat asuransi pendidikan lainnya adalah Anda akan belajar untuk mengatur keuangan dengan lebih baik. Hal ini terjadi karena setiap bulan Anda perlu menyisihkan uang dengan jumlah tertentu untuk biaya pendidikan anak di masa depan.

Dengan begitu, Anda harus pandai-pandai mengatur keuangan mulai dari pemasukan hingga pengeluaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Menggunakan Asuransi Pendidikan Mega Saving Protection untuk Masa Depan Anak


Salah satu produk asuransi pendidikan yang bisa Anda pilih untuk masa depan anak adalah Mega Saving Protection. Produk ini merupakan jenis asuransi jiwa tradisional dwiguna yang dimiliki oleh PT. PFI Mega Life Insurance.

Asuransi ini akan memberikan perlindungan asuransi berupa resiko meninggal dunia akibat kecelakaan dan non kecelakaan. Selain itu, manfaat lainnya adalah sebagai dana pendidikan anak sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Kemudian, manfaat tahapan akan dibayarkan secara bertahap sesuai jadwal. Pembayaran ini akan mulai diberikan mulai dari lima tahun sebelum perlindungan asuransi berakhir yang dilakukan setiap akhir tahun polis.

Demikianlah pengertian dari asuransi pendidikan serta manfaat asuransi pendidikan yang perlu diketahui. Dengan adanya perlindungan tersebut, orang tua tidak akan merasa khawatir terhadap dana pendidikan anak karena sudah memiliki persiapan.

Selain itu, alat pemuas berupa asuransi pendidikan merupakan pemenuhan kebutuhan yang sangat penting untuk orang tua dan juga masa depan anak.

Get notifications from this blog

1 komentar