√ Cara Memulai Bisnis Online dari Nol - Sahabat Inspirasi

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Dewasa ini hampir semua orang punya kesempatan yang sama untuk bisa memulai bisnis online. Bahkan jika kamu tidak punya banyak modal atau harus mulai dari nol sekalipun. 


Bisnis online sendiri pada dasarnya memiliki sistem yang jauh berbeda dari bisnis konvensional pada umumnya, pasalnya jika kamu menggeluti bisnis online maka sudah tidak ada lagi batasan lokasi ataupun strategi pemasaran yang digunakan untuk menunjang aktivitas promosi.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk mulai menekuni bisnis online untuk menambah pundi-pundi rejeki? Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa dijadikan pedoman jika kamu tertarik menekuni bisnis ini.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol


Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Memulai bisnis online tidak harus punya banyak modal, bahkan saat ini kamu sudah bisa mulai berjualan dengan sistem dropship atau reseller meski harus memulai dari nol. Berikut tips-tipsnya.

1. Lakukan Riset Produk yang Dibutuhkan Konsumen


Secara umum, bisnis online memang menggunakan parameter berbeda dari bisnis tradisional seperti yang biasa kita kenal. Akan tetapi, bisnis tetap bisnis apapun itu bentuk dan platformnya. Jadi, untuk bisa memulai bisnis online dari nol pastikan kamu melakukan riset pasar sesuai produk yang ingin dijual.

Pemilihan produk yang tepat sangat berpengaruh terhadap perputaran modal serta keuntungan. Sebagai contoh, di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini banyak orang yang butuh masker dan desinfektan. Nah, kamu bisa masuk ke sektor ini untuk mengakomodir kebutuhan banyak orang.

2. Bikin Website Jualan


Setelah berhasil menemukan produk yang sesuai dan banyak dibutuhkan pasar, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan platform digital untuk kebutuhan promosi jualan. Nah, salah satu media yang tepat untuk mulai jualan dari nol adalah website.

Selain bisa menjadi media promosi, website juga bisa dijadikan sebagai platform e-commerce yang bisa menangani transaksi secara otomatis. Untuk membuat website pun saat ini sudah semakin mudah, kamu hanya tinggal sewa VPS murah, beli domain .id, serta menyiapkan Content Management System seperti WordPress untuk diisi konten.

Adapun jika kamu merupakan seorang pemula yang benar-benar tidak paham IT, alternatifnya bisa memakai jasa pembuatan website yang bisa didapatkan mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung tingkat kerumitan dan fitur yang digunakan.

3. Lakukan Promosi via Media Sosial


Website memang sangat powerful untuk menarik pelanggan potensial. Namun, sebagai pebisnis kamu juga harus mengoptimalkan semua platform pemasaran, tidak terkecuali media sosial.

Sosial media marketing belakangan ini sedang naik daun lewat kehadiran Instagram, facebook, dan TikTok. Baik brand kecil maupun besar berlomba-lomba untuk membuat konten kreatif yang bisa menarik banyak audien sehingga produk atau brand mereka menjadi viral.

Kamu bisa melakukan hal yang sama untuk mulai memperkenalkan produk atau jasa yang dijual. Jika perlu kamu bisa berkolaborasi dengan influencer atau selebgram melalui sistem barter produk untuk mendapatkan review positif atau istilah lainnya dikenal sebagai exposure.

Tapi, jangan sembarangan dalam memilih partner influencer atau selebgram ya! Karena jika salah pilih nantinya brand kamu justru akan dicap negatif sesuai image dari orang yang diajak kerjasama.

4. Cari Distributor Terpercaya


Terlepas dari sektor pemasaran, bagian pemilihan distributor dan supplier produk juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Karena reputasi kamu akan banyak dipertaruhkan disini.

Berdasarkan pengalaman beberapa toko online yang sudah lebih dulu sukses diterima pasar, kamu sebaiknya memilih supplier atau distributor langsung dari tangan pertama. Selain harganya jauh lebih miring, strategi ini juga bisa kamu lakukan demi menjaga kualitas produk serta lama waktu distribusi sampai ke tangan konsumen.

5. Lakukan Evaluasi Secara Rutin


Berikutnya, kamu perlu melakukan evaluasi secara rutin terkait kinerja perusahaan, karyawan, atau supplier secara keseluruhan. Evaluasi sangat penting dalam proses perkembangan bisnis, terutama jika usaha kamu melibatkan banyak pihak.

6. Bangun Komunitas dan Audiens Loyal


Cara ini mungkin tidak cocok dilakukan oleh semua brand, karena untuk bisa membangun komunitas yang loyal dibutuhkan banyak usaha serta sumber daya. Akan tetapi, jika kamu berhasil membangun sebuah komunitas atau audiens loyal maka kamu tidak perlu khawatir lagi soal tingkat kepercayaan.


Para anggota komunitas yang merasa puas dan terbantu dengan produk kamu nantinya mereka akan dengan senang hati merekomendasikan ke teman, saudara, atau rekan kerja lain secara langsung. Ini tentu sangat baik bagi perkembangan brand agar bisa bertahan di tengah persaingan dengan kompetitor.

7. Manfaatkan Feedback dari Pelanggan


Terakhir tapi tidak kalah penting dari berbagai aspek lain yakni kapabilitas serta kelapangan hati dalam menerima feedback dari pelanggan. Seperti kita ketahui, dalam bisnis online maupun offline, pelanggan merupakan aset yang harus dijaga kepuasannya tanpa terkecuali.

Apalagi jika pelanggan tersebut mau memberikan kritik atau saran yang bisa bermanfaat bagi bisnis dimasa depan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu jadikan sebagai panduan jika ingin memulai bisnis online dari nol. Pada dasarnya, bisnis online bisa dijalankan oleh siapa saja. Jadi jangan ragu untuk menekuninya!

Get notifications from this blog

1 komentar

  1. Teknologi berkembang dengan sangat cepat beberapa tahun belakangan ini. Bisnispun terdampak langsung terlebih saat terjadi pandemi COVID-19 yang memaksa para pebisnis untuk melakukan transformasi digital agar usahanya tetap terus berjalan. jasa digital marketing semakin banyak dicari oleh pemilik usaha yang mau berinovasi. Agar bisnis Anda tidak tertinggal zaman, sebaiknya mulai merambah ke dunia digital. Ingat kata pepatah, "lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali".
    Salam sukses!

    BalasHapus