√ 4 Jenis-Jenis Belt Conveyor dan Manfaat untuk Industri - Sahabat Inspirasi

4 Jenis-Jenis Belt Conveyor dan Manfaat untuk Industri

Belt conveyor adalah alat yang penting di dalam sistem penanganan logistik. Alat ini berupa strip yang terus bergerak untuk mengangkut bahan yang berbeda dari satu tempat ke tempat lain.

Mereka dirancang untuk memindahkan stok, material, dan komponen secara efisien dan mudah, hemat waktu, energi, dan biaya. Inilah jenis-jenis conveyor untuk industri beserta manfaatnya.

 

4 Jenis Conveyor untuk Industri


4 Jenis-Jenis Belt Conveyor dan Manfaat untuk Industri

Ada banyak jenis belt conveyor, semua tipe berfungsi untuk mengangkut bahan dan barang di sepanjang jalur yang terus bergerak. Meski demikian, penggunaan alat ini harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap lini dalam industri. Berikut adalah jenisnya:
 

1. Flat Belt Conveyor


Flat belt conveyor adalah sistem konveyor yang paling umum digunakan untuk lini industri, area pencucian, dan jalur perakitan yang lambat. Ini juga dapat membawa barang-barang berukuran kecil, ringan, atau lembut tanpa merusaknya.

Konveyor digerakkan dengan tenaga motor yang stabil atau menggunakan pengaturan kecepatan. Arah putaran motor dapat diatur satu arah atau bolak-balik sesuai dengan kebutuhan.

Flat belt conveyor terbuat dari bahan alami atau kain sintetis, misalnya poliester, PVC, PU, ​​ nilon, karet, dan mesh. Karena dapat dibuat dari berbagai jenis bahan, konveyor ini sangat serbaguna.

2. Modular Belt Conveyor


Belt conveyor jenis modular biasanya digunakan untuk membawa produk makanan karena mudah dibersihkan. Industri yang membutuhkan kondisi higienis pada proses dan peralatannya, seperti kosmetik dan farmasi juga menggunakan konveyor jenis modular.

Konveyor modular terdiri dari potongan-potongan plastik keras yang saling terkait, namun mudah dilepas dan diganti. Hal ini menyebabkannya mudah dimodifikasi agar mampu berjalan dengan kondisi jalan lurus, berbelok di tikungan, menanjak, dan menurun.

3. Roller Belt Conveyor


Permukaan roller belt conveyor terdiri dari rol yang telah disesuaikan dengan syarat produksi. Syarat tersebut misalnya, berat produk atau kecepatan yang diperlukan untuk bergerak di sepanjang sabuk.

Konveyor tipe rol dapat digerakkan dengan motor maupun tenaga gravitasi. Ini merupakan pilihan yang baik untuk mengangkut barang dengan jarak yang jauh karena mengurangi gesekan.

Industri dapat menggunakan konveyor tipe rol untuk mengemas, menyortir, merakit, memeriksa, dan mengangkut barang. Contoh pemanfaatan konveyor jenis rol antara lain adalah pada sistem penanganan bagasi bandara.

4. Curved Belt Conveyor


Konveyor ini menggunakan bingkai melengkung, tujuannya untuk mengangkut barang di sekitar sudut atau memaksimalkan ruang yang tersedia. Curved belt conveyor sering digunakan dalam sistem penanganan yang butuh mengubah arah pengangkutan barang.

Manfaat Belt Conveyor


Penggunaan konveyor dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan efisiensi. Apapun jenis industri yang menggunakan sistem ini, berikut adalah 5 manfaat menggunakan conveyor untuk industri:

1. Mengurangi Pekerjaan Manual


Sebelum ada konveyor, semua pengangkutan material dilakukan secara manual dengan tenaga manusia. Sistem konveyor menghasilkan pengangkutan material secara otomatis pada jarak jauh dan mungkin berada pada ketinggian yang berbeda.

Alat ini dapat digunakan untuk mengangkut bahan baku dari gudang ke jalur produksi. Konveyor dapat memindahkan produk ke tempat penyimpanan, produk jadi ke bagian pengemasan, atau mengangkut produk yang telah dikemas ke bagian pengiriman.

2. Mengurangi Risiko dan Cedera


Sistem konveyor menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi tenaga kerja. Tugas karyawan menjadi lebih mudah dan aman karena mengurangi aktivitas mengangkat dan membawa barang berat yang berpotensi menimbulkan cedera.

3. Lebih Mudah Mengontrol


Pemasangan konveyor meningkatkan controlling dan mengurangi kemungkinan kesalahan manusia. Kondisi ini mampu meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja di dalam industri.

4. Lebih Hemat


Pemasangan conveyor terbukti efisien, mampu menghemat biaya karena mengurangi kebutuhan tenaga kerja, serta hemat waktu.

5. Mampu Beradaptasi


Sistem konveyor mudah beradaptasi dengan berbagai industri dengan fungsi dan sistem yang berbeda. Sistem ini juga mampu beradaptasi dengan berbagai ukuran dan berat produk.

Menggunakan konveyor dengan tipe, bahan, dan sistem operasional yang tepat akan mendukung produktivitas perusahaan. Connect Automation dapat memberikan solusi yang tepat berdasarkan kebutuhan industri.

Connect Automation telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan, baik dalam dan luar negeri selama 15 tahun. Dengan pengalaman ini, tim Connect Automation merupakan solusi efektif yang paling tepat dalam pengadaan conveyor untuk industri.

Get notifications from this blog