√ Tips Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Karyawan - Sahabat Inspirasi

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Karyawan

Asuransi karyawan bagi sebuah perusahaan saat ini sangatlah penting. Dari sisi perusahaan, asuransi karyawan bisa menjadi bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesehatan dan kesejahteraan karyawannya. Dengan demikian, karyawan merasa diperhatikan sehingga loyalitas terhadap perusahaan dapat meningkat.

Karyawan yang sudah terlindungi akan lebih tenang dalam bekerja. Terutama ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama bekerja, seperti kecelakaan, sakit dan lain sebagainya.


Dalam hal ini asuransi kesehatan lebih tepat diberikan untuk menjaga agar karyawan tetap sehat, sehingga dapat selalu produktif dan aktif.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Karyawan


Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat untuk Karyawan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang ditujukan untuk melindungi kesehatan karyawan sebuah perusahaan. Karyawan yang sehat, tentu akan membuat produktivitas perusahaan semakin terjaga.

Banyaknya asuransi kesehatan yang beredar di pasaran membuat perusahaan harus berpikir untuk memilih asuransi kesehatan yang terbaik bagi karyawannya. Beberapa tips berikut ini bisa dijadikan patokan di dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk karyawan, yaitu diantaranya :

1. Jangan Tergoda Premi Murah


Dalam memilih asuransi kesehatan, pertimbangan paling penting yang harus dilakukan adalah masalah premi dan manfaat yang diberikan untuk nasabahnya.

Jangan tergiur dengan harga premi yang murah, namun tidak memberikan manfaat yang sebanding dengan preminya. 

Misal tidak memberikan pertanggungan untuk penyakit berat tertentu. Tentu saja ini merugikan bagi nasabah jika ternyata nasabah menderita penyakit berat yang tidak bisa dicover oleh asuransi kesehatan tersebut.

Jadi sebelum memilih asuransi kesehatan yang tepat, lihat dulu manfaat apa yang diberikan untuk nasabahnya. Kalau bisa pilih yang bisa memberikan manfaat penuh terhadap penyakit berat juga.

2. Pilih yang Memiliki Layanan Digital


Layanan digital di jaman yang serba digital saat ini sudah menjadi suatu keharusan. Terutama dalam memberikan kemudahan karyawan untuk mengecek manfaat, sisa saldo dan juga prosedur klaim. 

Bisa dibayangkan jika semuanya harus dilakukan secara manual. Pasti sangat melelahkan dan sangat tidak efisien.

Karenanya carilah asuransi kesehatan yang bisa diakses secara digital sehingga memudahkan nasabahnya untuk melakukan transaksi maupun mengetahui manfaat asuransi secara keseluruhan.

3. Edukasi Polis yang Sudah Dipilih


Perusahaan harus memahami betul manfaat asuransi kesehatan yang sudah dipilih, lalu memberitahukannya kepada karyawan. Jelaskan juga dengan detail apa saja manfaat yang diterima dari asuransi kesehatan yang sudah dipilih.

Pada dasarnya ada 2 jenis manfaat asuransi kesehatan yaitu Hospital Benefit, dimana karyawan tinggal memberikan kartu asuransi kesehatan kepada rumah sakit tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. 

Atau Hospital Cash Plan yang menggunakan sistem reimbursement. Dalam hal ini perusahaan akan mengganti uang pengobatan setelah nasabah memberikan bukti pembayaran rumah sakit.

4. Pilih yang Memberikan Pertanggungan Rawat Jalan


Ketika seseorang sakit dan menjalankan rawat inap di rumah sakit, sebenarnya keadaannya belum pulih benar karena masih harus menjalani masa pemulihan melalui rawat jalan. 

Biaya konsultasi kembali ke dokter, pembelian kacamata atau menebus obat seharusnya tetap menjadi tanggungan dari asuransi kesehatan.

Untuk itulah perlu untuk melihat asuransi kesehatan yang juga mencover biaya rawat jalan. Tujuannya agar karyawan yang sakit bisa benar-benar sembuh dan dapat kembali bekerja dengan kondisi yang jauh lebih baik.

5. Pilih yang Jaringan Rumah Sakit Luas


Jaringan rumah sakit juga harus dijadikan pertimbangan dalam memilih produk asuransi kesehatan. Pastikan asuransi kesehatan yang dipilih sudah bekerjasama dengan rumah sakit di beberapa kota atau kalau bisa sampai keluar negeri.

Kondisikan dengan mobilitas karyawan. Jika memang ada pekerjaan yang mengharuskan karyawan pergi keluar negeri, maka carilah asuransi kesehatan yang bisa membantu karyawan berobat di negara yang dituju.

6. Pilih yang Mempunyai Manfaat Asuransi Kesehatan Sekaligus Asuransi Jiwa


Asuransi jiwa sangat penting untuk melindungi keluarga atau ahli waris dari karyawan ketika meninggal dunia. Baik karena sakit ataupun kecelakaan. Karena itulah perusahaan yang peduli dengan karyawannya, pasti memilih perlindungan maksimal untuk karyawan dan keluarganya.

Jadi usahakan untuk mencari asuransi kesehatanyang sekaligus bisa menjadi asuransi jiwa, agar ahli waris atau keluarga karyawan tersebut dapat tetap terlindungi.

7. Pilih yang Menanggung Karyawan dan Keluarganya


Asuransi kesehatan yang baik adalah yang bisa menanggung kesehatan nasabah sekaligus keluarganya. Dalam hal ini pasangan dan juga anak-anaknya.

Jadi ketika anak atau istri yang sakit, mereka tetap mendapatkan manfaat dari asuransi kesehatan yang diberikan perusahaan kepada suami yang bekerja di perusahaan tersebut.

8. Pilih Personalilsasi Manfaat Sesuai Profil Nasabah


Memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Asuransi yang manfaatnya banyak, tapi tidak digunakan akan membuat sia-sia saja. 

Karena itu kenali kebutuhan karyawan dan pilih asuransi kesehatan yang manfaatnya benar-benar dibutuhkan karyawan.

9. Pilih yang Uang Pertanggungannya Sesuai dengan Biaya Rumah Sakit


Perusahaan perlu memahami bahwa asuransi kesehatan ada yang menanggung biaya pengobatan dari tagihan rumah sakit, tapi ada juga yang berdasarkan rawat inap harian.

Jika rawat inap harian, uang pertanggungan yang diberikan biasanya ada batas maksimumnya. Jika biayanya melebihi batas yang diberikan, sisa pengobatan harus dibayarkan oleh pasien itu sendiri.

Carilah asuransi kesehatan yang bisa mencover biaya pengobatan karyawan secara penuh, sehingga karyawan tidak perlu membayar pengobatan selama apapun karyawan tersebut dirawat inap. 

Pastikan karyawan yang sakit dapat kembali bekerja dengan keadaan yang sehat tanpa dibebani dengan biaya tambahan.

10. Gunakan Broker Asuransi yang Tepat


Jika bingung mencari asuransi kesehatan yang tepat untuk karyawan, ada baiknya menggunakan jasa broker asuransi yang legal dan tepat, yang menyesuaikan premi dengan kondisi finansial karyawan, serta membantu urusan legal dengan perusahaan asuransi yang dipilih.

Asuransi jiwa lifepal bisa menjadi broker asuransi yang tepat yang membantu perusahaan menemukan asuransi karyawan yang tepat.

Asuransi Jiwa Lifepal untuk Karyawan


Asuransi Jiwa Lifepal untuk Karyawan

Lifepal adalah marketplace asuransi yang merupakan tempat berkumpulnya berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Lifepal bisa dikatakan sebagai marketplacenya asuransi yang ada di Indonesia dengan konsultasi gratis bagi perusahaan yang ingin memilih asuransi karyawan yang tepat.

Lifepal memberikan bantuan kepada nasabahnya untuk memilih perusahaan asuransi terbaik yang menawarkan manfaat lebih untuk kepentingan perusahaan, termasuk di dalamnya memberikan asuransi karyawan.

Lifepal sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan asuransi yang ada di Indonesia dengan berbagai produk asuransi yang beragam. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi karyawan lainnya. Pilhan produknya pun diberikan secara tranparan disesuaikan dengan kebutuhan premi nasabah.

Mencari asuransi karyawan yang tepat, langsung ke Lifepal.co.id saja. Transparan, gratis konsultasi dan banyak pilihan. Lifepal juga membantu nasabahnya hingga legalitas dan klaim asuransi.

Get notifications from this blog