√ 4 Rekomendasi Tabungan Investasi Jangka Panjang - Sahabat Inspirasi

4 Rekomendasi Tabungan Investasi Jangka Panjang

4 Rekomendasi Tabungan Investasi Jangka Panjang - Banyak orang yang menargetkan di usia tertentu bebas finansial/ keuangan stabil. Caranya dengan melakukan tabungan investasi jangka panjang.


Untuk membantu tabungan investasi sesuai dengan target bisa gunakan financer.com yang akan membantu dalam membandingkan jenis investasi.

Sebenarnya apa bedanya tabungan biasa dengan tabungan investasi? Bagi yang baru terjun dalam dunia investasi perlu mengetahui. Juga yang ingin beralih ke investasi berbentuk tabungan.

Karena investasi dengan cara menabung tidak membuat berat alokasi keuangan. Tanpa disadari tabungannya sudah cukup agar keuangan stabil.

Perbedaan Tabungan Biasa dan Investasi


Perbedaan Tabungan Biasa dan Investasi

1. Tujuan


Tujuan tabungan biasa untuk cadangan keuangan yang dibutuhkan dalam jangka waktu pendek. Biasanya akan diambil ketika membutuhkan jumlah uang yang banyak. Pencairan dananya cukup mudah dan cepat.

Tujuan tabungan investasi bentuk cadangan keuangan dalam jangka waktu yang panjang. Biasanya untuk dana masa tua, kesehatan, pendidikan dan lainnya. Proses pencairannya tidak semudah tabungan biasa.

2. Risiko


Risiko tabungan biasa bisa dibilang lebih aman daripada tab investasi. Tabungan biasa merupakan bentuk dana yang bisa diambil di waktu yang segera. Berbeda dengan tabungan investasi memiliki risiko yang tinggi, karena waktunya yang lama dipengahuri oleh faktor internal dan eksternal. Karena tidak sekadar menyimpan uang saja tapi digunakan untuk berinvestasi.

3. Benefit


Benefit atau keuntungan tabungan biasa hanya 1 hingga 1,5 persen tiap bulan. Berbeda dengan investasi yang bisa mencapai 10 persen keuntungannya. Keuntungan ini tergantung dengan jenis investasi yang dipilih. Semakin tinggi keuntungannya berarti semakin tinggi risikonya. Tapi tidak perlu takut karena banyak yang memberikan informasi terkait investasi misalnya melalui fiancer.com.

4. Aksesibilitas


Akses tabungan biasa bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Sedangkan investasi membutuhkan proses dalam pencairan dana.

Itulah perbedaan kedua tabungan di atas. Jadi tidak asing lagi mendengar tabungan investasi untuk masa depan. Ada empat rekomendasi untuk jenis tabungan in yang bisa dilakukan.

4 Jenis Rekomendasi Tabungan Investasi Jangka Panjang


Ada empat jenis yang bisa dicoba untuk investasi dana masa depan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Agar nantinya investasi bisa berjalan lancar dan bisa bermanfaat di masa tua.

1. Reksa Dana


Reksa dana jenis investasi dalam bentuk tabungan yang memiliki beberapa instrumen. Bentuk investasi ini bisa berbentuk saham, campuran, pendapatan tetap, dan pasar uang. 

Keuntungan yang paling tinggi berbentuk saham dengan risiko yang tinggi. Kelebihan reksa dana adalah modal yang digunakan kecil dan bisa di autodebet perbulan.

2. Tabungan Deposito


Jenis tabungan yang sering dipakai orang karena mudah dan aman. Bentuk keuntungannya sudah disepakati sejak perjanjian awal. 

Biasanya orang yang memiliki dana dingin atau yang tidak digunakan untuk transaksi akan disimpan dalam bentuk deposito. Untuk pencairan dananya disesuaikan dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

3. Tabungan Emas


Harga emas seiring waktu mengalami kenaikan. Jarang sekali nilai emas anjlok parah. Dilihat dari perkembangan harga tiap waktunya menjadi salah satu bentuk investasi jangka panjang. 

Saat ini lebih dipermudah dengan cara menabung emas. Bisa dilakukan dari 0,01 gram, sehingga pembelian lebih murah dari harga satu gram.

4. Tabungan Berjangka


Tabungan berjangka masih asing di telinga publik. Padahal jenis investasi ini memberikan keuntungan yang lumayan. Sistem tabungannya memiliki jangka waktu tertentu yang sudah disetujui dari awal. Karena berjangka inilah mau tidak mau harus menabung agar bisa diambil di jatuh tempo.

Banyak pilihan untuk jenis tabungan investasi dari modal minim hingga memaksa menabung setiap bulan. Untuk membantu perbandingan investasi mana yang sedang naik dengan financer.com. 

Financer.com adalah sebuah website yang bertujuan membandingkan produk keuangan terutama yang ingin berinvestasi. Website yang bukan berbentuk bank online atau pinjaman online.

Dalam website ini akan diberikan informasi produk investasi yang terbaik di Indonesia. Perbandingan informasi mulai dari jenis tabungan investasi, tips manajemen keuangan, P2P Lending, bursa efek dan investasi lainnya. 

Untuk mendapatkan infonya secara gratis dan lengkap. Untuk memulai investasi dengan mengisi formulir pendaftaran saja. Dengan website fianancer.com target keuangan masa depan bisa terbantu.

Get notifications from this blog