√ 5 Tips Anti Bosan Saat Kuliah Online - Sahabat Inspirasi

5 Tips Anti Bosan Saat Kuliah Online

5 Tips Anti Bosan Saat Kuliah Online - Online learning saat ini sedang dilaksanakan di dunia pendidikan. Masa pandemi menuntut kita semua untuk bisa beradaptasi, termasuk salah satunya dengan belajar mengajar.


Jika sebelumnya kita pergi kampus atau sekolah untuk belajar tatap muka dengan guru atau dosen. Saat ini kita tatap mukanya via zoom atau google meet.

Apa Keuntungannya Kuliah Online


Sebagaimana kuliah tatap muka, kuliah online juga memiliki sisi positif maupun negative. Sisi positifnya, kita tidak perlu keluar rumah untuk bisa mengikuti kuliah. Dengan di rumah saja, kita tetap bisa melakukan pembelajaran di kampus. Sehingga bisa hemat ongkos ke kampus.

Modal besarnya adalah kuota internet, karena segala macam tugas diberikan secara online. Awalnya memang terasa sulit karena belum terbiasa. Namun dengan keadaan new normal seperti ini, kuliah online bukan hal yang aneh lagi. Bahkan seminar dan webinar juga sering dilakukan secara online.

Bosan Kuliah Online? Ini Tipsnya Agar Tidak Bosan lagi


Bosan Kuliah Online? Ini Tipsnya Agar Tidak Bosan lagi

Setiap hari duduk di depan laptop atau layar ponsel untuk mengikuti kegiatan perkualiahan, memang terlihat sangat membosankan. Apalagi kita sendirian di rumah. Atau hanya ditemani oleh anggota keluarga saja. Berbeda jika kita pergi ke kampus dan bertemu dengan teman-teman.

Stress dan bosan tidak menutup kemungkinan pasti menghinggapi diri kita. Belum lagi jika dosen memberikan tugas kelompok yang harus dikerjakan dengan teman kuliah. Ditambah segala macam gangguan seperti misalnya ibu atau adik yang tiba-tiba masuk ke kamar dan mengganggu kegiatan perkuliahan online. Konsentrasi kita pasti terpecah.

Belajar di rumah tentu saja berbeda dengan belajar di dalam kelas. Jika di dalam kelas, kita bisa fokus karena pikiran kita hanya tertuju pada dosen dan papan di depan kelas. Sementara di dalam rumah, biasanya terdapat banyak gangguan, seperti panggilan saudara yang tiba-tiba di sela-sela jam kuliah online, atau tamu yang tiba-tiba datang sehingga konsentrasi kita pecah.

Bosan kuliah online, 5 tips berikut ini bisa digunakan agar rasa bosan tidak datang lagi.

1. Menjadikan Suasana Kuliah Online Seperti di Dalam Kelas


Meskipun kuliah di dalam rumah, bukan berarti kita bisa bermalas-malasan. Hindari kuliah dengan memangku laptop di atas tempat tidur. Karena itu hanya akan membawa aura mengantuk dan malas saat kuliah sedang berlangsung.

Biasakan untuk duduk di atas kursi dan meletakkan laptop atau gadget di atas meja. Lalu duduklah dengan nyaman sebagaimana di dalam kelas. Beritahukan juga kepada anggota keluarga, jika kita sedang ada kuliah online. Sehingga saat online learning berlangsung, tidak ada yang masuk ke dalam kamar kita dan mengganggu jalannya kuliah online. Kita pun jadi bisa lebih fokus dan konsentrasi.

2. Catat Poin Penting dalam Materi Kuliah Online


Membuat catatan dari penjelasan dosen sangatlah diperlukan. Saat online learning berlangsung perhatikan dengan jeli setiap materi yang disampaikan dan tulislah poin-poin penting yang disampaikan. Poin tersebut membantu kita untuk memahami materi yang disampaikan oleh dosen.

Kuliah online di rumah juga bisa menjadi menyenangkan jika kita memperhatikan penjelasan dosen dengan benar. Jangan mengalihkan perhatian dari penjelasan dosen. Meskipun dosen tidak bisa melihat kita, tapi dengan melihat dosen dan materi yang disampaikan, akan memudahkan kita untuk memahami materi perkualiahan yang berlangsung.

3. Berpakaian Rapi Saat Kuliah Online


Berpakaian rapi saat kuliah online bisa menaikkan mood. Hal ini juga bisa membuat dosen merasa dihargai. Hindari memakai pakaian tidur dan penampilan yang berantakan. Berpakaianlah yang rapi dan sopan seperti saat menghadiri kuliah tatap muka di kampus.

Jika kita terbiasa berpakaian rapi saat kuliah online, rasa bosan pun bisa hilang karena mood kita sedang bagus. Materi pelajaran pun bisa ditangkap oleh otak kita dengan lebih mudah.

4. Jangan Malu Bertanya pada Dosen Saat Kuliah Online


Malu bertanya sesat di jalan. Semboyan ini berlaku juga bagi kuliah online. Jadi jika ada penjelasan dosen yang kurang bisa dimengerti, jangan malu untuk bertanya. Nyalakan kamera sehingga dosen bisa melihat wajah kita. Dosen akan lebih respect ketika kita memperhatikan perkualiahannya dengan menggunakan pakaian rapi dan penampilan yang bersih.

Diam saja saat kuliah online berlangsung akan merugikan diri sendiri. Aktiflah bertanya selayaknya sedang kuliah tatap muka di dalam kelas. Suasana yang kita hidupkan inilah yang bisa menghalau rasa bosan menghampiri kita, sehingga kita selalu semangat setiap kali kuliah online berlangsung.

5. Luangkan Waktu untuk Refreshing


Kuliah online berlangsung selama berjam-jam. Tenang, luangkan waktu untuk istirahat pada saat kuliah online selesai dan sebelum datang materi kuliah berikutnya. Refreshing bisa dilakukan dengan jalan-jalan atau melakukan hobi yang bisa mengusir rasa bosan.

Selesai kuliah online, kita bisa refreshing sebentar sebelum mengerjakan tugas kuliah yang sudah menanti. Ingat, otak jangan terlalu diforsir. Tapi diberi jatah untuk istirahat dan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Sudah menerapkan kelima tips di atas? Atau punya tips lain yang bisa dijadikan rekomendasi untuk mengusir rasa bosan saat kuliah online. Bisa saling sharing dengan teman untuk berbagi tips.

Kuliah itu harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Baik kuliah di kampus maupun di rumah, tetap harus fun. Karena ilmu akan mudah masuk ketika perasaan kita sedang bahagia. Lakukan berbagai tips yang bisa mengusir rasa bosan saat kuliah online, agar materi pembelajaran yang diberikan dosen bisa masuk ke otak kita.

Rasa bosan bisa menimbulkan stress dan stress bisa menghalangi segala materi kuliah masuk ke otak kita. Makanya yuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan bebas dari rasa bosan.

Get notifications from this blog

1 komentar