√ 4 Jenis Mesin Percetakan untuk Bisnis Percetakan Anda - Sahabat Inspirasi

4 Jenis Mesin Percetakan untuk Bisnis Percetakan Anda

Baik yang sudah terjun ke bisnis percetakan maupun mau memulai bisnis percetakan harus mengetahui jenis-jenisnya. Ada beberapa alat percetakan yang perlu diketahui. Juga mengenali jenis mesin percetakan yang akan Anda gunakan.

Usaha percetakan adalah usaha yang akan terus diminati oleh pelanggan. Setiap tahunnya ada kegiatan yang membutuhkan pamflet, spanduk, maupun hadiah yang dicetak. Souvenir pernikahan pun bisa menggunakan percetakan seperti mug bergambar atau jenis lainnya. Usaha sablon juga terus dibutuhkan setiap waktu.

Usaha sablon kaos misalnya. Akan ada proyek untuk komunitas, perusahan untuk seragam kegiatan mereka. Jadi usaha percetakan tidak akan ada matinya.

Ada beberapa mesin cetak yang perlu Anda ketahui. Jangan sampai salah beli dan tidak tahu kegunaannya. Karena setiap mesin memiliki keunggulan dan kekurangan yang tidak sama.

Jenis Mesin Percetakan yang Anda Perlu Ketahui


4 Jenis Mesin Percetakan untuk Bisnis Percetakan Anda

Ada yang biasanya dan terkenal untuk mesin cetak yaitu mesin percetakan offset dan digital printing. Untuk lebih jelasnya seperti apa, baca selengkapnya di bawah ini:

1. Mesin Cetak Offset


Mesin cetak yang terkenal di kalangan pengusaha percetakan adalah mesin cetak offset. Alasannya bisa mengambil jumlah besar. Biaya produksinya juga murah. Ada tiga jenis mesinya yaitu mesin cetak offset kecil, sendag, dan besar.

Cara penggunaannya ada beberapa proses desain. Dari menentukan jenis kertasnya, ukuran kertas, dan media kertas yang digunakan.

Tahapan lainnya adalah membuat master desain atau repro film induk, dibutuhkan hanya satu saja. Master ini memudahkan untuk membuat jumlah besar cetakan. Bentuknya flat yang akan disimpan di atas mesin cetak.

2. Mesin Cetak Digital Printing


Perkembangan teknologi juga merambah pada mesin cetak yang dinamakan mesin cetak digital printing. Tidak lagi menggunakan cara-cara manual dan lama. Mesin digital printing menghasilkan akurasi warna dan bentuk yang lebih jelas.

Kelebihan menggunakan digital printing adalah bisa mencetak tanpa minimal jumlah order. Berbeda dengan mesin lainnya harus ada minimal order. Meski begitu kekurangan mesin ini adalah tidak bisa mencetak dengan jumlah besar.

Mesin ini sangat cocok untuk ukuran kertas A3 sampai B5. Hasil cetakan yang bisa dihasilkan seperti booklet, hand tag, agenda, banner, poster, kalender dan masih banyak lagi.

Ada beberapa jenis mesin cetak digital printing yaitu printing textile, indoor, semi outdoor, outdoor, screen digital printing, pringting phograpic maupun offset printing.

Jadi Anda bisa menerima orderan yang sifatnya sedikit jumlahnya. Bisa jumlah besar tapi harus sabar karena lama.

3. Mesin Cetak Digital Plotter


Jika mesin digital printing memiliki ukuran sampai besar maka mesin cetak digital plotter lebih besar lagi. Banyak para pengusaha cetak menggunakan mesin ini untuk percetakan sehari-hari.

Selain itu cocok untuk mencetak banner dengan berbagai bahan yang dinginkan oleh pelanggan. Jadi Anda membutuhkan alat percetakan ini untuk usaha lebih lancar.

Pelayanan untuk pelanggan pun lebih memuaskan. Karena ada pilihan jenis bahan yang digunakan untuk dicetak. Ada dua jenis yang biasanya digunakan yaitu:

a. Mesin Cetak Outdoor


Mesin cetak ini seluas 3,2 m sampai 5 m. Karena fungsi untuk mencetak yang dipergunakan di luar maka hasil cetaknya kurang akurat. Biasanya untuk spanduk yang ukuran luas dan panjang. Bahan spaduk yang digunakan untuk mencetak dari bahan flexy Jerman, Korea maupun China.

b. Mesin Cetak Indoor


Berbeda dengan mesin cetak outdoor yang resolusinya rendah. Mesin cetak indoor menghasilkan resolusi yang tinggi dan lebih solid. Mesin cetak indoor ada berbagai jenis tinta yang digunakan yaitu Dye Link, UV, Latex dan Ecosulvant.

Bahan yang biasanya digunakan antara lain Backlite, Sticker, Albatros, PET dan bahan lainnya. Tidak heran banyak yang menggunakan mesin in karena hasilnya yang bagus untuk urusan indoor.

4. Mesin Cetak Flatbed


Jika Anda memiliki pelanggan yang ingin mencetak di atas kayu maupun berbahan akrilik maupun mug maka Anda memerlukan mesin cetak Flatbed.

Mesin ini memiliki kualitas yang lebih baik dari ketiga mesin sebelumnya. Karena kapasistasnya yang lebih beragam dengan media yang beragam pula. Bahannya tidak hanya kertas saja melainkan ukuran yang berdiameter tebal.

Mesin ceta flatbed bisa mencetak ukuran dari A4, A3 sampai 1 m dan 2 m. Menggunakan teknologi UV atau ultraviolet sehingga tinta yang dihasilkan cepat kering dalam sekejab. Sering digunakan untuk proyek besar. Seperti souvenir pernikahan, maupun mencetak plang nama.

Itulah jenis-jenis mesin percetakan dan alat percetakan yang harus Anda ketahui untuk menjadi pengusaha percetakan. Untuk mendapatkan mesin yang terjamin kualitasnya bisa cek dan beli di Maxipro.co.id. Di sana tersedia mesin offset maupun digitila printing yang terbaru.

Get notifications from this blog