√ Mata Kuliah Pilihan yang Menarik dalam Jurusan Farmasi - Sahabat Inspirasi

Mata Kuliah Pilihan yang Menarik dalam Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi merupakan program studi yang masih di bawah ilmu medis terkait kesehatan, sebab fokusnya yaitu meracik obat. Meskipun tidak semahal kuliah kedokteran, namun biaya kuliah farmasi juga terbilang lumayan. Namun hal ini juga sepadan dengan peluang berkarir di masa depannya.

Selain meracik obat, mahasiswa juga akan dibekali dengan materi pelajaran farmasi dan skill riset serta kemampuan numerikal yang penting. Metode pelajarannya tidak hanya berkutat di teori namun juga berbagai praktik lapangan.

Praktik ini bertujuan agar mahasiswa berkompeten sehingga lebih siap saat mereka terjun ke dunia kerja nanti. Perlu diingat pula bahwa lulusan jurusan farmasi mengemban tugas mulia yaitu mengembangkan obat untuk menyembuhkan penyakit.

Oleh karenanya, jika Anda berencana mendaftar jadi mahasiswa farmasi, sebaiknya ketahuilah mata kuliah apa saja yang akan dipelajari. Atau bila Anda tertarik untuk berkomunitas, Anda dapat bergabung dengan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia dengan mengunjungi https://pafimorotai.org/

Mahasiswa Farmasi Belajar Mata Kuliah Apa Saja?


Mata Kuliah Pilihan yang Menarik dalam Jurusan Farmasi

Kebanyakan orang beranggapan lulusan farmasi hanya dapat menjadi apoteker yang meracik obat saja. Padahal sebenarnya realita di lapangan, ada banyak produk di berbagai bidang lainnya yang juga membutuhkan lulusan farmasi. Seperti produsen makanan minuman, skincare, sabun hingga berbagai suplemen.

Lulusan farmasi dibutuhkan untuk berperan sebagai pengontrol, peracik, penguji produk terhadap standar atau aturan yang ingin diterapkan. Oleh karenanya mata kuliah farmasi pun tidak hanya belajar tentang obat melainkan juga materi pendukung lainnya seperti berikut ini.

1. Biologi Sel dan Molekuler


Pada mata kuliah ini, mahasiswa farmasi akan mempelajari dari dasar terkait konsep biologi struktur tubuh manusia diciptakan. Sehingga menjadi dasar sebelum belajar yang lebih kompleks.

2. Farmasetika, Farmasi Fisika, Farmakognosi


Ketiga mata kuliah ini menjadi poin dasar yang tak kalah penting juga untuk dipelajari para mahasiswa farmasi. Itu sebabnya biaya kuliah farmasi negeri cukup lumayan sebab akan mempelajari banyak hal yang mendasar seperti tenaga kesehatan lainnya.

3. Imunologi Virulogi


Sebelum meramu obat, Anda akan diajarkan bagaimana sistem imun bekerja dan kaitannya dengan konsep cara virus menyerang. Sehingga Anda akan mempelajari berbagai jenis patogen lainnya.

4. Praktikum Farmasi


Sebelum praktik langsung di dunia kerja, mahasiswa akan dibekali berbagai latihan praktik di laboratorium. Itu sebabnya biaya kuliah farmasi swasta juga tidak sedikit sebab anggarannya banyak untuk praktik.

5. Etika dan Hukum Bidang Kesehatan


Agar mampu bekerja tanpa melanggar aturan yang berlaku baik secara kesehatan maupun aturan negara, tentunya mata pelajaran ini juga tak kalah pentingnya.

6. Komunikasi Kesehatan


Sebagai salah satu jurusan yang berkaitan juga dengan tenaga kesehatan, maka kebutuhan untuk berkomunikasi pada masyarakat khususnya pasien tentu akan hadir. Sehingga butuh dibekali dengan pelajaran ini.

7. Pelayanan Kefarmasian


Sebagaimana pekerjaan nakes lainnya yang juga memberikan pelayanan pada pasien, sebagai ahli farmasi pun harus siap dalam melayani masyarakat seperti membuatkan obat racikan sesuai resep.

8. Pengelolaan bencana


Merupakan mata kuliah tambahan yang biasanya diajarkan pada mahasiswa farmasi sebagai pembekalan jika terjadi bencana di masyarakat.

Itulah kumpulan mata kuliah menarik yang akan Anda pelajari jika memilih kuliah jurusan farmasi. Jika tertarik dengan jurusan ini, Anda juga dapat mengunjungi https://pafipaniai.org/ untuk bergabung bersama persatuan Ahli Farmasi Indonesia terutama wilayah Kabupaten Paniai, Papua.

Get notifications from this blog