√ Kenali Tahap Perkembangan Bayi - Sahabat Inspirasi

Kenali Tahap Perkembangan Bayi

Semua orang tua pasti menantikan momen perkembangan bayi dari proses kelahiran sampai ia tumbuh dewasa tanpa memerlukan bantuan orang tua lagi. Masa pertumbuhan dari bayi yang belum mengerti apa-apa sampai kemudian memiliki sejumlah kepandaian dan perubahan-perubahan yang sangat cepat.

Tentu banyak pula orang tua yang khawatir dengan perkembangan bayinya. Sering kali kekhawatiran itu tidak didasarkan atas pengetahuan yang cukup hanya berdasar pengalaman orang terdahulu atau katanya saja.

Di sinilah pentingnya memahami bagaimana tingkatan perkembangan bayi yang perlu Anda ketahui sehingga tidak ada kekhawatiran yang berlebih dan mengasuh si kecil pun bisa dilakukan dengan nyaman dan tenang.

Tahap Perkembangan Bayi yang Wajib Diketahui


Tahap Perkembangan Bayi yang Wajib Diketahui

Perkembangan bayi yang baik dan optimal mencakup beberapa penanda capaian. Yang pertama adalah perkembangan otak, otot motorik halus dan kasar, berat badan, kemampuan berbicara,, dan perkembangan emosi bayi.

Untuk mencapai kesemuanya tentu ada masa tumbuh kembang bayi yang mengikuti usia. Dalam perkembangan bayi pada rentang usia tersebut maka capaian perkembangannya bisa dilihat dan diobservasi orang tua. Jika ada masalah segera bisa menghubungi petugas kesehatan.

Perkembangan Bayi 3 Bulan


Dari lahir sampai mencapai usia 3 bulan bayi harus mencapai berat badan ideal agar memenuhi standar perkembangan berat badan yang optimal. Idealnya berat badan bayi tiap bulan bertambah pada rentang 500-1200 gram setiap bulan. Tinggi badannya juga bertambah paling tidak 20%.

Tetapi jika tidak mencapai angka ini pun tidak masalah, asal ada tambahan berat badan dan tinggi badan dari bulan ke bulan. Ukuran lingkar kepala bayi juga harus terus bertambah setiap bulannya sekitar 2 cm

Untuk perkembangan otot motorik kasar, bayi 3 bulan bisa menghentakkan kaki dan mengangkat kepala dalam posisi tengkurap. Untuk perkembangan otot motorik halus, mata bayi bisa mengikuti suara, warna, dan cahaya.

Untuk kemampuan komunikasi, bayi 3 bulan bisa menangkap respons suara. Bayi juga bisa menangis kencang sesuai respons keadaan.

Perkembangan Bayi 3 Bulan Menuju 4 Bulan


Tahukah Anda jika perkembangan bayi pada 3 bulan pertama adalah proses tumbuh kembang yang berjalan sangat cepat? Menuju usia 4 bulan akan banyak perubahan pada kemampuan bayi yang bisa terus dirangsang orang tua.

Anda harus memastikan nutrisi bayi tercukupi, terutama asupan ASI. Selain itu perhatikan juga masalah kebersihan bayi termasuk sanitasi. Asal ada peningkatan aktivitas gerak dan fisik bayi yaitu berat dan tinggi badan, maka orang tua tidak perlu khawatir.

Menuju usia 4 bulan, dilihat dari kemampuan motorik kasar, bayi mulai bisa mengangkat kepala sendiri dengan lancar. Ia juga mengenali kaki dan tangannya serta bisa menggerakkan kedua anggota tubuh ini secara bersamaan.

Sementara secara bahasa, bayi mulai mengucapkan “ooh” dan “aah”. Bayi juga bisa tertawa atau memekik ketika direspons dengan candaan.

Tahap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan


Jika dirangkum secara keseluruhan perkembangan bayi secara umum bisa dilihat orang tua dengan berinteraksi intens agar tidak melewatkan masa penting tumbuh kembang anak.

Dimulai dari lahir alias 0 bulan, bayi yang belum bisa merespon dengan baik lingkungannya akan terus tumbuh sesuai rangsangan dan gizi yang cukup. Dari penjelasan di atas kemampuan motorik bayi, kemampuan berbahasa, dan juga kemampuan emosional mungkin yang paling memeriahkan hari-hari para orang tua.

Bayi usia 5-7 bulan paling tidak punya berat badan sekitar 2x berat lahir. Bayi bisa berguling, mengenali orang-orang di sekitarnya, tersenyum, mengoceh, dan juga duduk walau mungkin beberapa masih butuh bantuan.

Anda bisa menggunakan acuan tabel perkembangan bayi 7 bulan yang biasanya disertakan pada buku KMS dari Puskesmas atau Posyandu. Menuju usia 9 bulan, bayi sudah mulai duduk sendiri, bahkan merangkak dan belajar berdiri.

Untuk kemampuan bahasa, bayi bisa berkata mama dengan jelas dan meraih benda-benda di sekitarnya. Kemampuan bahasa ini akan terus berkembang sampai usia 12 bulan di mana bayi dapat merespon pertanyaan, dan menolak tawaran.

Kemampuan motorik kasar ditandai dengan kemampuannya untuk merangkak. Pada usia ini juga banyak bayi yang sudah bisa berdiri dan mulai berjalan walau merambat.

Merries, Sahabat Tumbuh Kembang Anak


Dalam masa emas pertumbuhan anak, kebersihan diri adalah salah satu yang menjadi prasyarat kesehatan. Tubuh dan lingkungan yang sehat akan mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Popok adalah salah satu kebutuhan anak yang harus dipastikan kebersihan dan kenyamanannya. Anda sebaiknya mengganti popok paling lama 4 jam sekali, tanpa menunggu popok penuh atau anak BAB.

Pilih popok dengan bahan yang berkualitas baik agar tidak terjadi ruam pada kulit bayi dan kegiatan bayi tidak terganggu. Kenyamanan dan kesehatan bayi akan mempercepat perkembangan bayi.

Merries adalah popok dengan predikat sebagai Brand no.1, rekomendasi para ibu di Jepang. Anda bisa memilih popok sesuai berat badan, lingkar pinggang anak, dan isi dalam satu kemasan. Dapatkan petunjuk lengkap cara mengganti dan membuang popok yang benar agar higienis dan lingkungan bersih terjaga.

Popok Merries didesain dengan bahan super lembut yang tidak kaku atau kasar seperti popok ekonomis lainnya. Bagian karet elastis dan lentur serta tidak membekas untuk pemakaian lama pada bayi.

Sirkulasi udara popok Merries sangat baik sehingga popok tetap kering dan nyaman, tidak mudah bocor hingga pagi. Popok ini sangat nyaman dipakai bayi dan bagian karet pinggang yang breathable membuat bayi bergerak bebas.

Kesimpulan


Tiap bayi bisa jadi punya masanya sendiri untuk menuju capaian tumbuh kembangnya. Jika ada perbedaan perkembangan bayi yang berbeda dengan tabel perkembangan bayi, Anda tidak perlu sangat cemas, tapi perlu juga untuk waspada.

Perhatikan masalah kebersihan bayi, terutama untuk popoknya. Pilih popok dengan kualitas terbaik agar bayi merasa nyaman dan bisa mengeksplorasi dunianya dengan bebas.

Merries popok bayi tidak mudah bocor, terbuat dari bahan yang sangat lembut, dan bagian karet pinggangnya tidak meninggalkan bekas jika dipakai lama. Popok unggulan teknologi Jepang ini layak jadi pilihan Anda untuk memberikan si kecil kenyamanan ekstra.

Get notifications from this blog