√ 10 Obat Tradisional Pelancar BAB untuk Ibu Hamil - Sahabat Inspirasi

10 Obat Tradisional Pelancar BAB untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah masa yang penuh keajaiban, namun juga bisa membawa berbagai perubahan pada tubuh seorang wanita. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Sembelit saat hamil bukan hanya membuat tidak nyaman, tetapi juga bisa berdampak pada kesehatan ibu dan janin jika tidak ditangani dengan baik. Namun, tidak semua obat sembelit aman untuk ibu hamil sehingga banyak ibu hamil yang mencari alternatif alami dan aman untuk mengatasi masalah ini.

Obat Tradisional untuk Sembelit pada Ibu Hamil


Obat Tradisional untuk Sembelit pada Ibu Hamil

Berikut adalah sepuluh obat tradisional pelancar BAB untuk ibu hamil. Obat-obatan ini tidak hanya efektif, tetapi juga aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

1. Teh Daun Mint


Teh daun mint memiliki efek sejuk yang dapat membantu feses bergerak dengan mudah menuju rektum. Daun mint juga dapat merelaksasi perut sehingga meredakan ketidaknyamanan saat sembelit.

2. Daun Senna


Daun senna mengandung senyawa bernama glycosides yang berperan sebagai pencahar, sehingga efektif untuk menstimulasi pergerakan usus.

3. Teh Chamomile


Teh chamomile memiliki kandungan zat yang dapat menghasilkan efek relaksasi pada tubuh. Mengonsumsi teh chamomile disebut-sebut efektif dalam memangkas waktu antara proses pencernaan makanan dan proses mengolah sisa makanan menjadi feses.

4. Biji Chia


Biji chia mengandung serat yang tinggi, yang penting untuk meningkatkan frekuensi buang air besar, melunakkan tinja, dan mempermudah pengeluarannya.

5. Apel


Buah apel dapat menjadi buah pelancar BAB ibu hamil. Karena kandungan seratnya yang tinggi, buah ini dapat digunakan sebagai obat pencahar alami.

6. Sayuran hijau


Sayuran hijau, seperti sawi, pakcoy, dan bayam, juga bisa menjadi pilihan obat pencahar alami. Sayuran hijau kaya akan serat dan rendah lemak, sehingga membuat tinja lebih mudah melewati usus.

7. Ubi jalar


Mengonsumsi ubi jalar juga dapat menjadi alternatif cara mengatasi sembelit pada ibu hamil. Ubi jalar mengandung banyak serat, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita sembelit.

8. Kefir


Kefir adalah sumber probiotik yang baik saat sembelit. Susu hasil fermentasi dengan biji kefir diketahui dapat memperbaiki keseimbangan bakteri baik di dalam usus dan mengurangi gejala sembelit.

9. Minyak Zaitun


Minyak zaitun berfungsi sebagai pencahar pelumas, dengan memberikan lapisan di rektum yang memungkinkan untuk feses lewat lebih mudah, sementara juga merangsang usus kecil untuk mempercepat transit.

10. Yogurt


Yogurt mengandung bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik. Konsumsi yogurt yang mengandung probiotik bisa membantu menjaga keseimbangan flora usus Anda dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Mengonsumsi sepuluh obat-obatan tradisional ini dapat menjadi alternatif cara melancarkan BAB pada ibu hamil. Namun, harap dicatat bahwa meskipun alami, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan sebelum mencobanya.

Jika Anda ingin lebih tahu mengenai obat-obatan tradisional, Anda bisa mengunjungi situs https://pafibintang.org/. Situs ini merupakan situs resmi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) cabang Pegunungan Bintang, Papua.

Pafibintang.org aktif dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan sektor farmasi di Indonesia, termasuk penyuluhan tentang pentingnya menjaga pola hidup yang sehat dan penggunaan obat-obatan yang aman. Ini mencakup pengetahuan tentang obat tradisional dan aturan penggunaannya.

Get notifications from this blog