√ Penyebab Sakit Haid Berlebihan dan Cara Mengatasinya - Sahabat Inspirasi

Penyebab Sakit Haid Berlebihan dan Cara Mengatasinya

Rasa sakit saat siklus menstruasi memang hal yang biasa terjadi pada wanita. Namun, apabila rasa sakit itu menjadi sangat berlebihan dan tidak tertahankan, maka harus waspada. Tak sedikit yang memutuskan minum obat herbal atau obat medis seperti Biogesic untuk mengurangi rasa sakitnya.

Sakit haid pada perut bagian bawah umumnya memang tidak terlalu dirasakan oleh sebagian besar wanita, tapi banyak juga yang terganggu aktivitasnya karena rasa sakit itu. Ada berbagai penyebab haid sakit sekali yang harus Anda waspadai agar bisa segera diobati.


Apa Saja Penyebab Nyeri Berlebihan Saat Haid?


Penyebab Sakit Haid Berlebihan dan Cara Mengatasinya

Perlu dipahami bahwa perut sakit saat haid pertama adalah hal wajar. Biasanya puncak rasa sakit terjadi pada 24 jam pertama dan ada juga yang bertahan hingga 2-3 hari setelahnya. Adapun inilah penyebab dari nyeri mens yang terasa berlebihan sakitnya:

1. Terjadinya Kontraksi Otot Pada Rahim


Rasa sakit yang terjadi pada momen menstruasi adalah karena proses luruhnya dinding rahim supaya bisa mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi. Proses luruhnya dinding rahim ini dibarengi dengan kontraksi yang kencang.

Kontraksi tersebut membuat pembuluh darah di sekeliling rahim tertekan hingga akhirnya suplai darah serta oksigen ke bagian rahim menjadi terputus. Kemudian terlepaslah zat kimia bernama Prostaglandin yang menimbulkan rasa nyeri pada bagian perut Anda.

Selain rasa nyeri, Prostaglandin juga dapat menimbulkan gejala tidak nyaman lain seperti mual, lemas, sakit kepala hingga muntah pada beberapa wanita. Zat ini akan berkurang dengan sendirinya seiring dengan siklus menstruasi yang hampir selesai.

2. Adanya Penyakit Tertentu


Selain karena kontraksi pada rahim yang memang wajar terjadi, penyebab sakit haid berlebihan juga bisa karena masalah kesehatan atau adanya penyakit tertentu yang ada dalam tubuh Anda. Beberapa masalah kesehatan yang membuat sakit haid semakin parah di antaranya seperti:

  • Radang panggul.
  • Endometriosis.
  • Fibroid atau yang disebut sebagai miom, tumor tidak bersifat kanker yang ditemukan pada dinding rahim.
  • Adenomiosis.
  • Efek dari pemakaian alat kontrasepsi atau KB yang ada di dalam rahim seperti IUD.
  • Masalah pada kandung kemih atau tuba falopi.
  • Penyempitan leher rahim dan lain-lain.

Apabila sakit mens berlebihan disebabkan karena masalah kesehatan di atas, maka biasanya juga ada gejala lain yang kemungkinan timbul selain rasa nyeri pada perut. Mulai dari keputihan yang tidak normal, pendarahan berlebihan saat proses menstruasi hingga haid yang tidak teratur.

Cara Mengatasi Sakit yang Berlebihan Saat Menstruasi


Banyak yang tidak tahan dengan nyeri haid yang dialami. Tentu saja karena rasanya memang sakit sekali. Maka dari itu, ada cara tertentu yang bisa dilakukan untuk meredakannya. Cara tersebut seperti:

  1. Kompres hangat di bagian perut yang sakit.
  2. Mencoba teknik relaksasi seperti yoga, meditasi dan sejenisnya.
  3. Minum air putih yang cukup.
  4. Kurangi makanan berlemak serta konsumsi alkohol juga kafein.
  5. Minum teh herbal seperti teh chamomile yang dicampur jahe untuk memberi rasa hangat.
  6. Konsumsi obat pereda nyeri saat haid yang telah dijual bebas di pasaran.

Rekomendasi Obat Pereda Nyeri Haid yang Ampuh


Kebanyakan orang akan melakukan cara ngeredain sakit haid dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Ini bisa jadi cara yang ampuh apalagi jika setelah itu Anda beristirahat untuk mengurangi sakitnya.

Ada beberapa jenis obat yang direkomendasikan untuk meredakan nyeri haid salah satunya ialah Biogesic Tablet. Ini merupakan obat yang mengandung 500 mg paracetamol dengan kegunaan untuk meredakan nyeri saat haid, sakit kepala, sakit gigi, demam dan juga nyeri otot.

Anda dapat minum obat ini baik sebelum atau sesudah makan. Jika Anda membutuhkan obat ampuh yang cepat mengatasi nyeri menstruasi maka Biogesic Tablet bisa didapatkan di mana saja tanpa perlu resep dokter. Selain di apotik, Anda bisa membelinya melalui sistem online atau swalayan terdekat.

Biogesic menjadi salah satu solusi tepat dan ampuh agar nyeri menstruasi Anda semakin berkurang. Tetap patuhi aturan pemakaian dalam kemasan dan semoga bermanfaat!

Get notifications from this blog