√ Bleaching Gigi : Definisi, Prosedur dan Harga - Sahabat Inspirasi

Bleaching Gigi : Definisi, Prosedur dan Harga

Gigi menguning akibat kebanyakan minum kopi atau merokok. Anda dapat memutihkannya dengan bleaching gigi yang dapat dilakukan di klinik gigi terdekat. Meskipun harga bleaching gigi saat ini bisa dibilang lumayan mahal, tapi hasilnya selalu memuaskan sehingga patut untuk dicoba.

Prosedur bleaching gigi dapat dilakukan di klinik gigi maupun di rumah. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Tenang, semua prosedur bleaching gigi tetap berada di bawah pengawasan dokter gigi, sehingga aman untuk dilakukan. Anda bisa melakukan bleaching gigi sekarang juga untuk mendapatkan hasil maksimal.

Definisi Bleaching Gigi


Bleaching gigi adalah proses pemutihan gigi dengan bantuan gel pemutih gigi untuk menghilangkan warna kuning pada gigi yang diakibatkan oleh perilaku seperti minum kopi, teh atau rokok secara intens.

Health Harvard menyebut ada teknologi terbaru dalam prosedur pemutihan gigi melalui bleaching gigi yaitu power bleaching. Bahan yang digunakan dalam teknologi ini yaitu hidogen peroksida yang sangat pekat sebagai zat pencerah. Zat ini membuat gigi nampak putih dan berkilau lebih lama.

Prosedur Bleaching Gigi


Bleaching gigi adalah prosedur kosmetik yang digunakan untuk mencerahkan warna gigi. Proses ini melibatkan penggunaan bahan kimia khusus atau gel pencerah gigi yang membantu menghilangkan noda, kuning, atau perubahan warna pada gigi

Ada 3 prosedur bleaching gigi yang ditawarkan oleh dokter gigi, yaitu :

1. Power Bleaching atau In Office


Power bleaching adalah prosedur pemutihan gigi yang dilakukan dengan cara mengoleskan gel pemutih berkonsentrasi tinggi yang terdiri dari zat hidrogen peroksida 25-40% ke email gigi. Perawatan gigi ini dilakukan oleh dokter gigi spesialis di klinik gigi.

Sebelumnya gigi diberikan perlindungan jaringan lunak terlebih dulu menggunakan rubber dam atau alternatif dan peroksida. Selanjutnya gigi akan diberikan panas atau cahaya selama 1 jam agar zat pemutih dapat melekat lebih sempurna ke email gigi.

2. Night Guard Bleaching


Nightguard Bleaching adalah prosedur pemutihan gigi yang dapat dilakukan oleh pasien di rumah dengan pengawasan dari dokter gigi. Caranya dengan memasukkan zat pemutih berkonsentrasi rendah yaitu 10-20% karbamid peroksida yang setara dengan 3,5-6,5% hidrogen peroksida ke dalam pelindung mulut berupa corong yang dibuat oleh dokter gigi.

Corong ini kemudian dipakaikan ke gigi selama durasi tertentu. Biasanya 30 menit sampai beberapa jam sesuai arahan dokter gigi dan dilakukan setiap hari selama dua minggu. Dokter gigi akan memeriksa hasilnya pada kunjungan berikutnya.

3. Over The Counter atau OTC


Over the Counter adalah prosedur pemutihan gigi menggunakan obat pemutih yang bisa dijual bebas di pasaran dan menjadi trend dalam beberapa tahun belakangan ini. Biasanya tersedia dalam pasta gigi pemutih, baki pra-fabrikasi, dan strip pemutih yang dapat digunakan dua kali sehari selama dua minggu.

Bahannya yaitu zat pemutih konsentrasi rendah yang terdiri dari 3-6% hydrogen peroksida. Anda dapat mengawalinya dengan berkumur terlebih dulu sebelum mengoleskan produk ini ke email gigi.

Harga Bleaching Gigi


Harga Bleaching gigi bervariasi tergantung prosedur yang digunakannya. Untuk power bleaching, harganya berkisar antara 1 juta sampai 5 juta rupiah. Hasilnya bersifat non permanen karena gigi akan kembali menguning pada waktu satu sampai tiga tahun, sehingga perlu perawatan ulang.

Sementara itu Night Guard Bleaching memiliki harga yang lebih mahal yaitu antara 2 juta sampai 9 juta rupiah. Sedangkan Over The Counter dapat dibeli bebas di pasaran dengan harga berkisar antara Rp 225.000 sampai Rp 600.000.

Perlu dicatat bahwa perawatan dengan bleaching gigi hasilnya tidak permanen, sehingga Anda perlu datang kembali ke klinik dokter gigi spesialis ortho untuk mengontrol keadaan gigi Anda. Ada beberapa rekomendasi klinik gigi yang bagus dan murah di Jakarta yang dapat Anda datangi, yaitu klinik gigi gading serpong, klinik gigi grand galaxy, serta klinik gigi bintaro.

Klinik gigi Jakarta tersebut memiliki dokter gigi spesialis yang dapat membantu Anda melakukan bleaching gigi dengan aman dan nyaman. Tunggu apalagi, bleaching gigi sekarang juga dan dapatkan hasil maksimal dengan mendatangi klinik dokter gigi murah yang menawarkan harga bleaching gigi yang lebih terjangkau.

Get notifications from this blog