√ Kapan Harus Ganti Aki Mobil? Kenali Tanda-tandanya Berikut Ini! - Sahabat Inspirasi

Kapan Harus Ganti Aki Mobil? Kenali Tanda-tandanya Berikut Ini!

Mengetahui kapan harus ganti aki mobil ke bengkel merupakan salah satu hal penting yang seringkali tidak dipahami oleh banyak pemilik mobil, terutama bagi mereka yang masih pemula. 


Seringkali, karena tidak mengetahui kapan harus ganti aki mobil, akhirnya mobil mengalami masalah di waktu yang tidak tepat, apalagi ketika kamu sedang terburu-buru berangkat kerja.

Nah, untuk menghindari kejadian seperti itu, tentunya kamu harus lebih teliti memeriksa kondisi aki mobil mengingat komponen yang satu ini sangat berperan penting terhadap kelistrikan mobil. 

Apa saja yang menjadi tanda-tanda dalam menentukan kapan harus ganti aki mobil? Simak penjelasannya dan kenali tanda-tandanya berikut ini!

Tips Mengetahui Kapan Ganti Aki Mobil dan Mengenali Tanda-Tandanya dengan Tepat


Kapan Harus Ganti Aki Mobil? Kenali Tanda-tandanya Berikut Ini!

1. Suara Klakson Mobil Terdengar Lemah Dibanding Sebelumnya


Salah satu tanda awal yang bisa membantu kamu memahami kapan harus ganti aki mobil adalah melalui suara klakson mobilmu sendiri. Kurangnya asupan listrik yang diperoleh melalui aki bisa menjadi penyebab klakson mobil tidak mampu bekerja maksimal, sehingga tentu bunyinya juga terdengar lemah atau mungkin menyendat.

Oleh Sebab itu, ketika kamu menekan klakson dan mendengar bunyi yang tidak maksimal seperti biasanya, luangkanlah waktu untuk memeriksa aki mobil dan menggantinya ke bengkel terdekat bila perlu. Fungsi klakson mobil sendiri turut berpengaruh terhadap keamanan berkendara. 

Klakson mobil yang bekerja dengan baik dapat menghasilkan bunyi yang mudah didengar dan diperhatikan oleh pengendara lain bahkan para pejalan kaki, terutama ketika kamu melewati jalanan yang ramai maupun tikungan.

2. Mesin Mobil Sulit Dinyalakan Meskipun Starter Hidup


Kondisi kedua yang bisa kamu pertimbangkan untuk menentukan kapan ganti aki mobil yaitu jika mesin mobil kamu tidak dapat menyala meskipun starter mobil tetap berbunyi. 

Seperti yang sudah kita bahas di awal artikel ini, aki mobil sangat berpengaruh terhadap kelistrikan mobil.

Karena itu, jika aki mobil sudah rusak alias tekor, maka mesin mobil juga akan sulit menyala disebabkan oleh tidak adanya aliran listrik yang dibutuhkan. 

Untuk jenis mobil yang menggunakan tipe aki basah, cairan elektrolit yang sudah terlalu rendah dapat diisi hingga berada pada titik normal kembali untuk kemudian bisa bekerja dengan optimal.

3. Tegangan Listrik yang Dihasilkan Oleh Aki Kurang Maksimal


Yang ketiga, untuk mengetahui kapan harus ganti aki mobil, kamu bisa mengenalinya dengan mengecek tegangan listrik pada aki mobil tersebut. Untuk melakukannya, gunakanlah alat pengukur tegangan aki mobil atau disebut juga dengan load tester.

Kondisi aki mobil yang masih normal ditandai dengan tegangan yang berada pada titik 12,45 Volt saat mesin dalam keadaan mati, kemudian berada pada titik 13-14 Volt jika mesin dalam keadaan menyala. 

Maka, jika alat pengukur tegangan menunjukkan angka di bawah 10 Volt, dapat dipastikan bahwa aki mobil tersebut sudah rusak atau soak dan perlu diganti.

4. Mesin Mobil Tidak Bisa Menyala


Ketika kamu sedang mengendarai mobil dan tiba-tiba mesin mobil mati secara mendadak dan sulit dinyalakan kembali, maka itu bisa menjadi pertanda aki mobil sudah perlu diganti.

Aki mobil yang sudah soak sangat mempengaruhi kestabilan seluruh komponen kelistrikan dalam mobil. Oleh sebab itu, jangan memaksakan mobil terus digunakan di saat aki sudah dalam kondisi rusak, meskipun mobil pada awalnya dapat berjalan dengan normal.

5. Perhatikan Kondisi Lampu Mobil


Tanda yang kelima untuk menentukan kapan harus ganti aki mobil adalah dengan memeriksa kondisi lampu pada mobil. Jika lampu mobil kamu terlihat sudah mulai redup, jangan langsung mengganti lampu tersebut dengan yang baru.

Langkah lain yang bisa kamu ambil adalah dengan memasang lampu tersebut pada mobil lain. Jika di mobil lain, lampu tersebut tetap dapat menyala dengan terang seperti biasanya, maka bisa jadi yang bermasalah adalah aki mobilmu. 

Kurangnya aliran listrik dari aki yang dibutuhkan oleh lampu tentu menyebabkan lampu tidak dapat menyala dengan maksimal. Ini tentu sangat berbahaya terutama ketika kamu mengemudi mobil di malam hari dan di saat cuaca sedang hujan deras.

Sudah tahu kapan harus ganti aki mobil kesayanganmu? Gak perlu repot-repot cari bengkel untuk ganti aki mobil. Karena di Otoklix, kamu bisa merencanakan segala urusan permobilan dengan praktis dan tetap ekonomis.

Bengkel umum pilihan di Otoklix tidak kalah mutunya dibandingkan dengan bengkel resmi lho! Selain mekaniknya berpengalaman, 

fasilitas bengkel juga lengkap bahkan kualitas pelayanannya juga tidak diragukan lagi. Urusan biaya? Tenang.. Semuanya transparan dan tertera di awal booking saat kamu melakukan pemesanan di aplikasi. Bayarnya pun no ribet, bisa kamu lakukan ketika sudah tiba di bengkel. Simple banget, dong!

Get notifications from this blog

2 komentar