√ Ingin Kuliah di Luar Negeri? Lakukan Persiapan Ini! - Sahabat Inspirasi

Ingin Kuliah di Luar Negeri? Lakukan Persiapan Ini!

Kuliah di luar negeri saat ini menjadi impian banyak kaum muda milenial. Motivasinya pun beragam. Ada yang karena disuruh orang tua sampai keinginan sendiri demi meraih cita-cita setinggi langit.

Bagi siswa yang berduit, kuliah di luar negeri bisa dengan mudah dilakukan. Berbeda dengan siswa yang kesulitan dalam hal keuangan. Perlu persiapan beasiswa luar negeri untuk bisa memujudkan keinginan untuk bisa kuliah di luar negeri.

Movitasi Positif Kuliah di Luar Negeri


Movitasi Positif Kuliah di Luar Negeri

Ada banyak alasan kenapa seseorang ingin melanjutkan studi di luar negeri. Ada alasan yang berasal dari diri sendiri, ada juga alasan yang muncul dari dorongan orang lain. Semuanya baik, asalkan dikerjakan dengan sepenuh hati.

Beberapa motivasi orang untuk kuliah di luar negeri yang bernilai positif diantaranya :

1. Bidang Studi Lebih Spesifik


Jika di Indonesia, fakultas diperuncing dalam beberapa jurusan. Maka di luar negeri, ada penyempitan lagi dari jurusan yang dipilih. Misal jurusan biologi. Maka di luar negeri ada biologi kelautan atau biologi kedokteran. Siswa pun jadi lebih ahli karena ilmu yang akan dipelajarinya lebih spesifik.

2. Kualitas Pendidikan Lebih Baik


Kurikulum kuliah di luar negeri, mengikuti kurikulum internasional yang berstandart tinggi. Siswa yang bisa lulus dari standart ini akan memiliki kecerdasan otak di atas rata-rata. Fasilitas pendukung yang diberikan kampus, seperti laboratorium dan perpustakaan juga canggih.

3. Metode Pembelajaran Lebih ke Praktek dan Riset


Kuliah di luar negeri lebih banyak praktek dalam magang yang dimasukkan ke dalam program studinya. Siswa akan diajak untuk merasakan dunia kerja saat masih kuliah, sehingga ilmu yang diterima lebih aplikatif. Siswa pun bisa lebih siap menghadapi dunia kerja karena sudah dikenalkan sejak dini.

4. Pengalaman Internasional


Pengalaman internasional bisa didapatkan mahasiswanya melalui berbagai macam interaksi dengan teman dari berbagai negara. Mahasiswa secara tidak langsung juga belajar tentang kebudayaan yang berbeda dari teman kampus yang beda negara.

Manafaat Kuliah di Luar Negeri


Manfaat kuliah di luar negeri sangat beragam. Sebagian besar berdampak positif terhadap kepribadian siswa itu sendiri. beberapa manfaatnya yaitu :

1. Lebih Mandiri


Jauh dari orang tua akan membuat siswa belajar untuk mandiri mengurus dirinya sendiri. Mulai dari makan, tempat tinggal, sekolah dan semua hal diurusi sendiri. Dalam dunia kerja, siswa yang mandiri lebih bisa diandalkan karena terbukti proaktif dan dapat bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan.

2. Lebih Berinisiatif


Hidup sendiri di negara orang, akan membuat siswa mau tak mau lebih banyak berinisiatif dalam melakukan banyak hal. Hal tersebut merupakan bagian dari kemandirian yang terbentuk, sehingga bisa mengatasi masalah dengan cepat dan inovatif.

3. Lebih Fasih Berbahasa Asing


Kemampuan bahasa asing sangat menentukan diterima atau tidaknya kuliah di luar negeri. Hal ini penting karena bahasa asing, terutama bahasa Inggris menjadi media untuk bisa berinteraksi dengan orang lain. Semakin sering berlarih bahasa asing, semakin fasih siswa bicara dalam bahasa asing.

4. Kemampuan Analisis dan Penyelesaian Masalah Lebih Baik


Tinggal lama di luar negeri, apalagi tanpa didampingi orang tua, akan membentuk pribadi siswa lebih siap menghadapi masalah. Kemampuan siswa dalam menganalisis persoalan akan lebih terasah dengan baik, sehingga anak lama-lama akan memiliki kemampuan analisa masalah dengan baik dan menyelesaikan masalah dengan baik juga.

5. Mampu Mengelola Uang


Uang menjadi faktor penting untuk bisa hidup di negara orang. Siswa pun akan berusaha mengelola uang dengan baik agar bisa bertahan di negara tersebut. Baik untuk keperluan makan atau untuk urusan sekolahnya.

6. Lebih Fleksibel


Kuliah di luar negeri membuat siswa lebih fleksibel dalam menghadapi orang lain yang berbeda budaya dan kebiasaan dengan diri sendiri. Hal ini akan berlanjut di dunia kerja, dimana lebih banyak lagi orang dengan kepribadian berbeda yang akan dihadapi.

7. Memiliki Pengetahuan Internasional


Memiliki teman dengan latar budaya yang berbeda membuat siswa mau tak mau belajar juga tentang budaya teman, sehingga siswa memiliki pengetahuan internasional. Hal ini penting diterapkan di dunia kerja, sehingga pekerjaan jadi lebih mudah dilakukan.

Persiapan Beasiswa Luar Negeri yang Harus Dilakukan


Persiapan Beasiswa Luar Negeri yang Harus Dilakukan

Bagi penerima beasiswa, kuliah di luar negeri adalah jembatan emas menuju pintu kesuksesan yang sudah lama diimpikan. Karena itu perlu keseriusan dalam mempersiapkan persiapan beasiswa luar negeri agar bisa diterima di kampus luar negeri yang diimpikan.

Beberapa persiapan beasiswa luar negeri tersebut diantaranya :

1. Menggali Informasi Tentang Beasiswa Sebanyak-banyaknya


Saat ini banyak kampus pemberi beasiswa yang ada di Indonesia. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai beasiswa tersebut dan cari yang sesuai dengan minat yang diinginkan. Misalnya biologi kedokteran. Baca dengan detail persyaratannya, dokumen apa saja yang dikumpulkan dan kapan terakhir pengumpulan dokumennya.

2. Kursus Bahasa Asing


Penguasaan bahasa asing sangat penting untuk membuat siswa mahir dalam berkomunikasi dengan bahasa asing. Hal ini penting karena siswa akan berada di negara asing yang komunikasi sehari-hari menggunakan bahasa asing juga. Maka untuk tinggal di negara tersebut, siswa harus bisa fasih berbahasa asing.

3. Buat Dokumen Persiapan Beasiswa


Dokumen utama yang harus diserahkan untuk persiapan beasiswa luar negeri ada 3, yaitu riwayat hidup siswa yang berisi data pribadi siswa, motivation letter yang berisi alasan kuat kenapa siswa tersebut layak untuk mendapatkan beasiswa yang diincarnya. Serta recommendation letter yang berisi surat rekomendasi dari sekolah untuk siswa calon penerima beasiswa.

4. Perbanyak Ikut Kegiatan atau Lomba


Kegiatan atau lomba akan menjadi nilai plus bagi pembuat beasiswa. Prestasi yang dimiliki di luar akademik tersebut menunjukkan sikap siswa yang bisa berbaur dengan orang lain, memiliki analisa masalah yang bagus dan siap berinisiatif ketika terjadi masalah di tempatnya bekerja nanti.

5. Buat Timeline Persiapan Beasiswa Luar Negeri


Persiapan beasiswa luar negeri membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Segala macam perizinan membutuhkan proses, begitu juga penguasan bahasa asing. Karena itu buatlah timeline dalam persiapan beasiswa luar negeri. Aturlah jadwal dan lakukan satu per satu sampai semua persyaratan sudah terpenuhi.

Untuk mendapatkan informasi terupdate mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah keluar negeri, langsung saja menuju ke website Schoters yang berisi informasi lengkap mengenai persiapan beasiswa luar negeri.

Sebagai platforms studi luar negeri nomor 1 di Indoensia, Schoters memberikan segala macam informasi terpercaya mengenai beasiswa luar negeri. Mulai dari apa saja persiapan beasiswa luar negeri, cara daftarnya dan berbagai informasi penting seputar kuliah keluar negeri. Informasi lengkapnya langsung saja ke www.blog.schoters.com

Get notifications from this blog