√ Kenali Perbedaan Hand Winch dan Electric Winch Sebelum Membelinya - Sahabat Inspirasi

Kenali Perbedaan Hand Winch dan Electric Winch Sebelum Membelinya

Mengangkat suatu barang akan lebih ringan jika dibantu dengan menggunakan sebuah alat. Apalagi jika alat yang perlu diangkat termasuk alat berat yang sulit diangkat manual menggunakan tenaga manusia.

Di industri, terdapat alat bantu angkat yang dinamakan dengan hand winch. Alat ini berguna sekali untuk mengangkat beban secara horizontal dan vertical. Ada juga electric winch yang dioperasikan otomatis. Bingung mau membeli yang mana. Kenali dulu spesifikasi masing-masing.

Apa itu Hand Winch ?


Apa itu Hand Winch ?

Hand Winch adalah alat mekanis yang dibuat untuk membantu menarik beban dengan tarikan tali. Hand winch seperti namanya, memanfaatkan tenaga manusia untuk mengoperasikannya. Pengguna mengatur tali atau wire rope, sling, kabel atau rantai saat menarik beban.

Beban yang diangkat menggunakan hand winch biasanya berat jika diangkat dengan tangan manusia, sehingga membutuhkan alat bantu untuk mengangkatnya.

Sebagai alat angkat, winch terbagi menjadi dua. Yaitu hand winch dan electric winch. Perbedaannya terdapat pada cara pengoperasiannya. Jika hand winch dioperasikan manual oleh tangan manusia, maka electric winch dioperasikan secara electric menggunakan listrik.

Komponen dalam Hand Winch


Kerja hand winch dalam mengangkat beban, tidak terlepas dari adanya beberapa komponen penting yang ada di dalamnya. Beberapa komponen tersebut yaitu :

1. Wire Drum


Wire drum adalah tempat yang berfungsi untuk meliltkan tali untuk mengangkat beban. Semacam strap yang dilengkapi hook di ujungnya. 

Hook ini berupa kaitan untuk mengaitkan beban yang nantinya diangkat oleh hand winch. Hook pada hand wich ini sudah dilengkapi dengan pengaman, sehingga beban tidak mudah terlepas ketika diangkat.

2. Pawl system


Pawl system adalah pengunci tali, sehingga ketika beban diangkat, tali tidak terlepas begitu saja. Beban pun bisa terangkat dengan aman sampai beban dipindahkan ke tempat yang tepat. Pawl system juga dilapisi oleh lapisan anti karat, sehingga aman digunakan jangka panjang.

3. Tuas Penggerak


Tuas penggerak berfungsi untuk menarik beban dan melepaskannya kepada tempat yang berbeda. Tugas penggerak pada hand winch ini bisa diputar 360 derajat dan dilengkapi handle untuk memudahkan penggunaanya.

Komponen Electric Winch


Jika hand winch dioperasikan manual menggunakan tangan manusia, maka electric winch digerakkan oleh listrik. Penggunaanya lebih banyak di dermaga atau laut, terutama untuk menarik jangkar pada kapal. Electric winch memiliki perbedaan dengan hand winch. Perbedaan tersebut diantaranya :

1. Memiliki 2 jenis arus listrik


Electric winch dijalankan dengan 2 jenis arus listrik yang membagi electric winch menjadi 2 versi. Yaitu versi AC dan versi DC.

Electric winch versi AC menggunakan arus listri searah, sehingga dapat digunakan secara langsung. Sementara electric winch versi DC menggunakan arus listrik bolak balik sehingga menggunakan baterai untuk pengoperasianya.

2. Dilengkapi dengan material Galvanized


Material galvanized yang terdapat pada electric winch akan membuat electric winch semakin kuat, kokoh dan juga tahan karat. Galvanized ini juga dilengkapi dengan lapisan pengaman, sehingga aman digunakan dan tahan lama

3. Memiliki Komponen Motor Terbaik


Jika alat yang dioperasikan dengan listrik biasanya menimbulkan bunyi yang berisik, maka electric winch tidak demikian. Hal tersebut dikarenakan adanya komponenn motor terbaik yang dipasang di dalamnya, menjadikan electric winch tidak bising ketika dioperasikan. 

Cara kerjanya dengan mengurangi panas yang timbul seiring berjalannya electric winch. Kecepatan gulungan wire pore diimbangi dengan panas yang keluar, sehingga bisa diredam dan tidak menimbulkan kebisingan.

4. Terdapat Banyak Varian


Varian electric winch beragam bergantung dari panjangnya wire rope dan kekuatan beban yang bisa diangkat. Ada electric winch yang panjang wire rope-nya 70 meter. Beban yang bisa dingkat yaitu 300 sampai 500 kilogram.

Electric winch yang panjang wire rope 100 meter mampu mengangkat beban 1 ton sampai 3 ton. Sementara yang memiliki panjang wire rope 200 meter, mampu mengangkat beban hingga 5 ton. Electric winch ini juga dilengkapi dengan remote control yang dapat mengendalikan benda sejauh 15 meter.

Keunggulan Hand Winch


Hand winch lebih dibutuhkan untuk mengangkat beban didarat, seperti menderet mobil yang mogok atau mengambil mobil yang terperosok ke dalam sungai atau jurang.

Meskipun kelihatannya electric winch lebih unggul dibandingkan dengan hand winch, rupanya hand winch punya keunggulan tersendiri yang tidak ada pada electric winch. Beberapa keunggulan yang dimaksud yaitu :

1. Mudah Digunakan


Hand winch termasuk alat mekanik yang paling mudah digunakan dibandingkan electric winch. Bobotnya ringan dan mudah dipasang di manapun. Hal itu dikarenakan adanya mounting base yang ada pada hand winch dan lubang untuk memasang winch pada tempat yang sudah ditetapkan.

2. Resiko Akibat Penggunaan Listrik Diminimalisir


Ada beberapa pekerjaan yang memiliki resiko tersetrum listrik lebih tinggi. Hand winch meminimalisir resiko tersebut karena tidak melibatkan listrik dalam pengoperasiannya. Pengguna pun merasa lebih aman dalam bekerja dan hasilnya bisa lebih terasa.

3. Desain Kuat


Desain hand winch dibuat menarik dan kuat karena dilapisi zinc pada bagian luar dan dalamnya. Lapisan zinc pada bagian luar mencegah timbulnya korosi dan goresan yang kerap terjadi ketika penggunaan hand winch. Sementara lapisan zinc pada bagian dalamnya, berpengaruh pada komponen pengamannya. 

Zinc membuat komponen pengaman tidak mudah karatan dan terlihat selalu baru, meskipun dipakai berulang kali.

4. Tuas Penggerak yang Ergonomis


Tuas penggerak pada hand winch dibuat sekuat dan senyaman mungkin. Terutama pada peganganya, sehingga pengguna merasa nyaman dan aman saat menggunakannya. Istilahnya sangat ergonomis karena tidak ribet saat digunakan.

Hand Winch di Megajaya


Megajaya adalah distributor alat – alat berat dan mekanis termasuk hand winch yang terlengkap di Indonesia. Ada beragam jenis hand winch yang disediakan. Begitu juga dengan electric winch, semuanya dibuat dari bahan berkualitas baik dan terjaga.

Megajaya menyediakan hand winch dalam 2 merek yaitu galvanized dan juga heavy duty JHW. Keduanya tergolong bagus dan kuat serta tahan lama. 

Perbedaanya terletak pada desainnya. Tertarik untuk membeli hand winch atau electric winch, langsung saja ke megajaya.co,id karena saat ini ada promo hand winch. Dapatkan hand winch terbaik dengan harga terbaik hanya di megajaya.co.id.

Get notifications from this blog