√ Cara Memilih Mesin Potong Kertas Terbaik - Sahabat Inspirasi

Cara Memilih Mesin Potong Kertas Terbaik

Mesin potong kertas sangat penting bagi Anda yang memiliki percetakan. Banyaknya pesanan agar bisa terselesaikan dengan segera dan hasil yang rapi lebih baik menggunakan mesin pemotong kertas. Anda perlu mengetahui mesin potong kertas yang kualitas bagus dan hasil potongannya rapi.

Fungsi mesin pemotong kertas bagi percetakan Anda antara lain:

  1. Merapikan pinggiran kertas agar serat tidak keluar.
  2. Memotong kertas menyesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan.
  3. Memadatkan tumpukan kertas agar mudah dalam proses penjilidan.

Dengan menggunakan mesin pemotong hasilnya akan lebih rapi dan cepat. Jadi sebaiknya segera miliki mesin pemotong yang kualitasnya terjamin. Karena mesin ini akan dipakai lama.

Jenis Mesin Potong Kertas


Jenis Mesin Potong Kertas

Jenis mesin pemotong kertas berdasarkan pengoperasiannya:

  1. Mesin potong kertas manual, merupakan jenis mesin yang cara memotong kertasnya harus manual dan harganya lebih ekonomis. Banyak yang menggunakan mesin ini untuk percetakan, fotokopi, kantor, maupun sekolah. Hanya saja tebalnya kertas terbatas.
  2. Mesin potong kertas otomatis, mesin potong yang menggunakan alat canggih yang tidak perlu dilakukan secara manual. Dengan mengatur dari operator untuk ukuran kertas yang akan dipotong. Menggunakan mesin otomatis lebih mempercepat pekerjaan.

Jenis mesin potong kertas berdasarkan jenis pisaunya:

  1. Rotary Trimmer, jenis pisau bulat yang penggunaanya akan menggeser tumpukan kertas.
  2. Guillotine, jenis pisau yang mendapatkan tekanan karena pisaunya ditekan ke bawah.

7 Cara Memilih Mesin Potong Kertas


Cara Memilih Mesin Potong Kertas

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mesin pemotong kertas sebaiknya Anda mengetahui cara memilih yang tepat. Anda hanya perlu membaca tips di bawah ini hingga selesai.

1. Jenis Hasil Potongan


Memotong kertas tidak hanya menghasilkan yang lulur saja dan rapi. Ada bentuk hasil potongan kertas lain seperti bergelombang, bergerigi, atau zigzag. Carilah mesin potong yang menyesuaikan dari hasil potongan yang dibutuhkan.

2. Tentukan Ukuran Kertas


Pahami kebutuhan potongan kertas yang Anda inginkan. Jika membutuhkan beragam jenis ukuran sebaiknya yang menggunakan A3. Jika hanya ukuran tertentu sesuaikan mesin yang bisa memotong dari ukuran tersebut.

3. Pahami Fitur Mesin


Setiap seri mesin pemotong kertas memiliki banyak fiturnya. Dari maksimal ketebalan kertas yang bisa dipotong. Garis panduan potongan kertas yang jelas.Bandingkan fitur berbagai mesin dan temukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Frekuensi dan Area Kebutuhan Mesin


Mesin untuk usaha dengan kantoran berbeda. Untuk usaha percetakan memerlukan mesin yang otomatis dan fiturnya banyak. Untuk kantor atau sekolah pilihlah mesin yang simpel yaitu manual. Karena tidak begitu menghabiskan ruangan. Berbeda dengan percetakan yang membutuhkan ragam mesin potong kertas.

5. Harga Mesin


Harga mesin manual dengan otomatis berbeda. Kecanggihan mesin juga berpengaruh dengan harga yang ditawarkan. Sebaiknya carilah harga yang sesuai budget dan kebutuhan pemotongan.

6. Mendapatkan Garansi


Harga mesin potong ada yang harganya lumayan karena kualitas dan fiturnya yang bagus pastinya tidak ingin dikecewakan karena tidak ada garansi setelah pembelian. Meski mesin yang dijual sudah bagus, untuk memastikan bahwa ada layanan garansi menandakan penjual mesin profesional.

7. Layanan Training Pemakaian Mesin


Membeli mesin yang rumit banyak fiturnya pastinya akan kebingungan di awal-awal pemakaian. Belum hafal dan maksud dari adanya fitur A,B,C dan lainnya. Untuk bisa menggunakannya lebih detail sebaiknya membeli di tempat yang memberikan fasilitas training pemakaian mesin. Agar tidak salah menggunakan dan jadi semakin terbiasa.

Jadi cara untuk memilih mesin potong kertas bisa dilihat dari jenis mesin, komponen mesin, dan layanan dari tempat penjual mesin. Satu hal lagi belilah di perusahaan resmi yang menjual mesin dengan berbagai jenis mesin percetakan.

Seri mesin potong manual yang bisa dipilih ada Telson 858 ST, mesin yang digunakan untuk keperluan kantor atau usaha kecil dengan jenis pisau Guillotine. Mesin Rotary Trimmer 5 in 1 TM 20 yang memiliki jenis pisau rotary trimmer dan memiliki 5 pisau yang bisa menghasilkan potongan berbagai macam dan bisa diganti-ganti.

Seri mesin potong otomatis ada seri Telson MP670 SC , yang bisa memotong kertas sampai ketebalan 100 lembar dan Teslon MP450, mesin yang bisa memotong kertas dengan ketebalan 5 cm hingga 45 cm.

Website resmi yang menjual mesin potong kertas yang memberikan garansi juga training penggunaannya adalah maxipro.co.id. Perusahaan yang resmi menjual mesin-mesin percetakan berbasis website. Mesin yang dijual mulai dari mesin pemotongan kertas, penjilidan, finishing, dan lainnya. Temukan mesin potong kertas di sini untuk kualitas dan banyak pilihan jenis mesin-mesin percetakan.

Get notifications from this blog