√ SehatQ : Penyebab Bangun Tidur Merasa Mual, Kira-Kira Apa yah? - Sahabat Inspirasi

SehatQ : Penyebab Bangun Tidur Merasa Mual, Kira-Kira Apa yah?

Semua orang pasti pernah merasakan mual, lalu bagaimana jika bangun tidur sudah merasa mual? Kondisi apa yang sebenarnya tengah terjadi? Para wanita bisa saja menyangka jika mual di pagi hari disebabkan oleh kondisi hamil muda. Tetapi penyebab mual di pagi hari bukan melulu disebabkan oleh hamil, melainkan banyak pula kondisi lainnya.

Bukan hanya terjadi pada kaum perempuan, namun pada kaum lelaki pun banyak terjadi. Keluhan tersebut bisa disebabkan oleh macam-macam kondisi, mulai dari kondisi yang ringan dan bisa sembuh sendiri, sampai dengan kondisi yang parah dan memerlukan tindakan khusus dari tim medis. Ada baiknya Anda lebih hati-hati dengan penyebab mual di pagi hari, utamanya saat bangun tidur sudah merasa mual.

Penyebab Mual Saat Bangun Tidur


Penyebab Bangun Tidur Merasa Mual, Kira-Kira Apa yah?

Ketika Anda bangun tidur dan langsung merasa mual, jangan pernah menyepelekannya. Sebab ada banyak penyakit yang memiliki gejala mual-mual. Apabila Anda pernah merasakannya, atau sedang merasakannya, sebaiknya Anda simak beberapa gejalanya berikut ini :

1. Sedang Hamil


Hal pertama yang menyebabkan mual di pagi hari adalah kehamilan, atau morning sickness. Biasanya gejala ini akan hilang jika usia kandungan Anda sudah mencapai 20 minggu. Tetapi tidak jarang, ibu hamil tetap mual muntah hingga mendekati HPL.

2. Adanya Gangguan Tidur


Ketika Anda mengalami jet lag atau insomnia, maka pola tidur pun akan terganggu dan menimbulkan respon neuroendokrin tubuh, akhirnya saat bangun tidur Anda akan merasa mual.

3. Gangguan Kecemasan


Tahukah Anda, jika anxiety atau gangguan cemas bisa sebabkan mual? Gangguan ini muncul karena Anda mencemaskan banyak hal terlalu berlebihan.

4. Terlalu Lapar


Ketika Anda tidur, tubuh tak makan dan minum sama sekali selama berjam-jam dan saat bangun pun kondisi tubuh lapar. Tak heran jika kemudian merasa mual karena terlalu lapar dan gula darah dalam tubuh turun.

5. Kehausan


Jika Anda kehausan atau dehidrasi saat bangun tidur, bisa sebabkan mual. Itulah mengapa setelah bangun tidur dianjurkan meminum air. Apalagi jika sebelum tidur Anda meminum minuman yang mengandung kafein.

6. Asam Lambung dan Batu Empedu


Saat tidur, asam lambung lebih mudah untuk mencapai kerongkongan dan sebabkan sensasi terbakar, nyeri dan juga mual. Selain itu, jika batu empedu dalam kantung empedu Anda menyumbat salurannya, maka sebabkan nyeri juga mual saat bangun pagi.

7. Mengalami Keracunan Makanan


Jika Anda mengonsumsi makanan yang tak bisa tubuh tolerir, maka saat bangun Anda bisa mual dan muntah. Bahkan Anda bisa terbangun tengah malam karena merasa mual dan ingin muntah. Mengonsumsi makanan seperti kerang contohnya, bisa sebabkan kondisi ini.

8. Adanya Efek Samping Obat


Mengonsumsi obat pereda nyeri dengan jenis opinoid, bisa menyebabkan banyak efek samping negatif. Salah satunya mual dan juga muntah saat pagi hari, utamanya jika Anda mengonsumsi obat ini setelah sarapan di pagi hari.

9. Gegar otak


Saat kepala terbentur dengan keras, maka ada risiko terjadinya cedera atau gegar otak. Hal ini bisa menyebabkan otak mengalami pembengkakan. Dengan adanya pembengkakan di bagian otak Anda, maka akan menekan tengkorak hingga merangsang bagian otak yang fungsinya untuk mengatur mual. 

Namun perlu Anda waspadai gejala ini, jika setelah terjatuh dan terbentur Anda jadi mual muntah parah, segera konsultasikan ke dokter sebab itu adalah ciri cedera yang Anda alami terbilang parah.

Apakah ada salah satu penyebabnya yang Anda alami? Konsultasikan diri ke dokter untuk mendapatkan penangan yang lebih baik. 

Namun jika Anda ingin membaca lebih banyak artikel kesehatan mengenai kondisi kesehatan saat ini, kunjungi situs SehatQ.com saja. Direktori penyakit di halaman websitenya sangat lengkap, mulai dari penyakit ringan sampai dengan penyakit berat.

Artikel dibuat dan diawasi oleh orang yang kompeten di bidangnya, sehingga semua artikel kesehatan di sana bisa dipertanggungjawabkan.

Direktori penyakit yang lengkap bisa membuat Anda lebih mudah menemukan artikel yang dibutuhkan, bahkan dalam artikel sudah lengkap dengan gejala, penyebab, cara mengatasi dan berbagai hal lainnya.

Get notifications from this blog