√ 4 Cara Instalasi Listrik Mandiri yang Benar - Sahabat Inspirasi

4 Cara Instalasi Listrik Mandiri yang Benar

Di kehidupan yang moderen ini, listrik menjadi kebutuhan primer bagi semua masyarakat. Bahkan ketika aliran listrik padam, banyak hal yang tidak bisa dilakukan dengan benar karena hampir semua alat di rumah menggunakan listrik. Itulah mengapa adanya instalasi listrik di rumah menjadi hal penting, supaya kebutuhan sehari-hari di rumah bisa terpenuhi dengan baik.

Mulai dari pagi sampai malam hari tiba, adanya pemasangan instalasi listrik di rumah membuat rumah jadi lebih hidup. Salah satunya ada pencahayaan yang baik dan mencukupi, serta rasa aman karena pemasangannya yang minim risiko korsleting.


Tak heran juga ketika ada kesalahan dalam pemasangan electical, risiko yang terjadi sangat besar dan merugikan. Mulai dari aktivitas harian yang tersendat, tersetrum listrik, sampai korsleting yang berujung pada kebakaran.

Cara Instalasi Listrik Mandiri


Cara Instalasi Listrik Mandiri

Supaya bisa menghindari masalah yang berasal dari cara memasang instalasi listrik yang salah, Anda harus memastikan jika pemasangannya sudah sesuai dengan standar prosedur yang ada.

Berikut ini adalah beberapa cara pemasangan instalasi listrik, yang bisa dilakukan mandiri atau menggunakan bantuan tenaga ahli. Silahkan simak tahapan memasang instalasi listrik yang tepat ini:

1. Ketahui Luas dan Jumlah Ruangan


Hal pertama saat memasang listrik di rumah adalah mengetahui seberapa luas rumah Anda, dan berapa banyak ruangan yang tersedia. Sebab supaya bisa mengalirkan ruangan menggunakan listrik, Anda harus menggunakan kabel instalasi listrik yang panjangnya sesuai.

Oleh karenanya, jika tidak mengukur luas bangunan dan berapa jumlah ruangannya, Anda tak akan bisa mengetahui kebutuhan kabel yang mencukupi untuk aliran listrik di rumah. Tak hanya itu, hitung juga berapa banyak lampu yang dibutuhkan, stokp kontak dan juga berapa banyak sakelar yang dibutuhkan.

2. Ketahui Besaran Daya Listrik


Perlu Anda ketahui jika komponen penting di dalam instalasi listrik rumah yaitu Miniature Circuit Breaker atau MCB. Fungsi dari komponen yang satu ini adalah sebagai proteksi untuk arus listrik yang berlebihan. Jadi saat ada aliran listrik yang berlebihan, maka komponen ini yang akan memutuskannya. Risiko terjadinya arus pendek listrik juga akan dicegah dengan baik.

Supaya Anda bisa tentukan seberapa besar kebutuhan MCB, pastikan sudah tahu besaran daya listrik rumah Anda. Baik itu di dalam satuan VA atau Volt Ampere, atau Watt. Mayoritas kapasitas daya listrik rumah di Indonesia adalah 2200 VA saja.

3. Ketahui Apa Saja Komponen yang Dibutuhkan


Supaya Anda bisa pastikan instalasi listrik bisa berfungsi optimal dan sesuai yang seharusnya, cek berbagai komponen penting ini, yaitu MCB, Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB), box MCB dan ELCB, sakelar, stop kontak, kabel listrik, isolasi, pipa, embodus atau kotak sambungan, dan tedus.

4. Perhatikan jika kabelnya sudah tepat


Ketika melakukan instalasi listrik di rumah, digunakan banyak kabel dengan macam-macam ukuran, serta fungsi yang berbeda pula. Untuk menggunakannya, Anda harus pastikan sudah diperhatikan dengan teliti, supaya risiko arus pendek listrik bisa terhindar di masa yang akan datang.

Jangan hanya pastikan memilih kabel yang sesuai fungsi, namun juga pastikan sudah memiliki standar SNI atau Standar Nasional Indonesia. Supaya terjamin kualitasnya dan bisa digunakan tanpa menyebabkan masalah.

Itulah dia tahapan untuk instalasi listrik di rumah secara mandiri, namun untuk memasangnya secara mandiri tentu membutuhkan kemampuan dan juga pengalaman. Daripada khawatir dengan pemasangan yang dilakukan sendiri, lebih baik menggunakan jasa dari team ahli.

Salah satunya menggunakan jasa Dwi Electrical Tunggal, yang merupakan sebuah perusahaan besar dan bergerak khusus di bidang Konstruksi Mekanikal Elektrikal. Perusahaan ini telah berdiri dari tahun 2007 dan menangani berbagai proyek yang luar biasa. 

Mulai dari proyek mekanical elektrikal untuk gedung perkantoran, pabrik, mall, rumah sakit dan lain sebagainya, termasuk hunian pribadi.

Bagi Dwi Electrical Tunggal, kualitas adalah yang terpenting dan karena itulah pelayanan terbaik selalu diberikan pada para klien. Kunjungi situs resminya untuk informasi instalasi listrik dan pemasangan panel listrik, hingga plumbing dan fire protection yang aman dan berkualitas. Pastikan memberikan yang terbaik untuk keluarga Anda.

Get notifications from this blog

1 komentar