√ Cara Efektif Mengelola Stres dan Kesulitan di Program Studi Farmasi - Sahabat Inspirasi

Cara Efektif Mengelola Stres dan Kesulitan di Program Studi Farmasi

Menjadi mahasiswa ternyata tidak selamanya menyenangkan. Terlebih bila memasuki semester akhir maka selain ada tuntutan cepat selesai tentu ada tugas yang cukup banyak yang harus diselesaikan.

Oleh karenanya kemampuan mengelola stres menjadi sebuah keniscayaan. Apabila tidak akan bisa berakibat fatal, kuliah tidak selesai dan stres melanda.

Saat ini biaya kuliah farmasi negeri cukup tinggi dan butuh perjuangan untuk menyelesaikannya. bahkan ada celetukan bila kuliah adalah kebutuhan tersier.

Hal ini tentu menjadi peluang kampus swasta untuk bersaing. di,manma.biaya kuliah farmasi swasta sangatlah kompetitif dengan kampus negeri sekalipun. Menjadi penanda bahwa kuliah yang baik bisa dimana saja.

Agar hal buruk tersebut tidak terjadi maka sebagai mahasiswa akhir khususnya program studi farmasi ada baiknya pahami betul cara mengelola stres dengan baik.


Cara Efektif Mengelola Stres


Cara Efektif Mengelola Stres dan Kesulitan di Program Studi Farmasi

Ada banyak cara bagi seseorang untuk mengelola stres. Satu dengan yang lain pun bisa jadi akan berbeda-beda. Oleh karenanya setidaknya ada rumus baku agar tidak terjebak dalam situasi kurang menyenangkan terkait adanya stres.

Sebagai mahasiswa program studi farmasi ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini;

1. Rencanakan Waktu dengan Bijak


Waktu sebaiknya dikelola sebaik mungkin. Melakukan perencanaan apa saja yang kemudian harus dilakukan. Jangan sampai mendadak baru disiapkan karena indah pasti rencana akan gagal.

Perencanaan ini bukan hanya terkait waktu belajar pelajaran farmasi, praktikum atau melakukan penelitian. Namun pula termasuk didalamnya adalah merencanakan kapan harus mulai dan kapan harus beristirahat.

2. Jaga Keseimbangan Antara Akademik dan Kesehatan Mental


Mungkin kita sering mendengar mental health dan hal itu harus dijaga dengan benar-benar. Jaga keseimbangan antara satu dengan yang lain dan jangan berat sebelah.

Atur sebaik mungkin segala kebutuhan yang ada. Pastikan antara jiwa raga, hati dan pikiran berjalan dengan seimbang untuk tubuh lebih baik dimakan yang akan datang.

3. Manfaatkan Sumber Daya yang Tersedia


Sebagai mahasiswa program studi farmasi tentu anda tahu bahwa segala sumber daya yang ada harus dioptimalkan. Terutama berkaitan dengan teman yang relatif banyak.

Jangan sekali-kali dibuat pusing karena nanti anda akan dituntut untuk bisa dengan cepat adaptif dan solute. Saat ini pun ada banyak organisasi yang peduli dengan sesama organisasi bidang farmasi.

Dan salah satu yang harus diikuti selama aah saw farmasi tentu aja bergabung dengang komunitas alumnbi fakultas farmasi. Dari kegiatan ini pada umumnya akan ditemukan paham baru dan mendalam.

4. Jaga Motivasi Tetap Ada


Lelah boleh dan silahkan istirahat sebentar tapi jangan sekali-kali untuk menyerah. Jaga motivasi untuk senantiasa bersabar dan terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

Meski biaya kuliah farmasi relatif berat bukan berarti kemudian akan tidak mampu. Keyakinan dan sikap optimistis ini menjadi salah satu kekuatan untuk bertahan.

5. Tetap Terhubung dengan Sesama Mahasiswa


Berteman dengan sesama mahasiswa memberi ruang untuk diskusi dan pikiran ke level yang lebih tinggi. Mata kuliah farmasi mungkin tidak menayangkan, tapi bagi mereka yang miliki resep obat maka layanan akan menjadi kunci.

Sesama mahasiswa akan memiliki rasa senasib dan hal ini akan menggerakan satu sama lain untung saling mendukung. Jangan lupa ex mahasiswa farmasi pun harus dikenali untuk tujuan memudahkan jaringan.

Ada baiknya pula, anda sebagai mahasiswa akhir di bidang farmasi bisa bergabung dnegan https://pafiyalimo.org/ untuk mendapat informasi terbaik dibutuhkan.

Get notifications from this blog