√ Tips Memilih Obat Demam Paling Ampuh untuk Anak - Sahabat Inspirasi

Tips Memilih Obat Demam Paling Ampuh untuk Anak

Cuaca yang sering berubah-ubah tentunya membuat anak sering menjadi flu, yang salah satunya diindikasi dengan naiknya suhu tubuh. Anak bisa dikatakan demam jika suhu tubuhnya mencapai lebih dari 38 derajat C.

Walaupun bisa dibilang demam bukan suatu penyakit berat, tapi jika dibiarkan apalagi untuk anak balita dapat menimbulkan kejang hingga kehilangan kesadaran. Sistem imun anak yang tidak sebaik orang dewasa juga menjadi salah satu pemicu demam bisa bertahan berhari-hari walaupun telah istirahat secara maksimal.


Tips Memilih Obat Demam Paling Ampuh untuk Anak

Saat anak demam, Anda bisa memberikan perawatan dini dengan memberikan obat demam yang tepat dan sesuai dengan dosisnya. Pemberian obat ini juga dapat mengurangi rasa nyeri yang umumnya dirasakan anak di sekujur tubuhnya. Tidak hanya itu, demam juga bisa terjadi akibat reaksi vaksin maupun dampak anak tumbuh gigi.

Ada berbagai jenis obat demam yang bisa Anda berikan kepada anak, baik dalam bentuk tablet maupun sirup. Dengan kandungannya yang beragam tentu saja efek yang akan ditimbulkan juga beragam. Agar pemberian obat dapat berlangsung secara efektif, Anda harus mengetahui berbagai tips untuk memiliki obat demam terbaik untuk si kecil seperti berikut:

Ketahui Kandungan dari Obat Demam Anak


Kandungan yang selalu ada di dalam obat demam anak adalah paracetamol dan ibuprofen. Kandungan ini berfungsi untuk membantu menurunkan suhu tubuh anak serta meredakan nyeri sendi yang anak rasakan.

Tidak hanya itu, obat demam paling ampuh umumnya juga mengatasi rasa sakit kepala, serta rasa sakit gigi. Karena diberikan kepada anak-anak, coba kenali juga rasa obatnya. Walaupun banyak obat anak yang cenderung manis, tapi ada juga yang masih pahit dan getar.

Sesuaikan Obat Demam dengan Usia Anak


Hal yang kedua adalah menyesuaikan jenis obat dengan usia anak. Anda bisa memberikan obat demam anak tablet hisap jika anak sudah bisa mengunyah makanan, namun tentu akan beresiko jika diberikan kepada anak balita yang masih susah mengunyah.

Memberikan obat sirup lebih disarankan sesuai dengan usia anak, karena untuk memastikan obat bekerja secara maksimal dengan efek samping paling rendah. Obat yang cenderung berasa manis ini tentunya akan mempermudah Anda untuk diberikan ke anak, apalagi jika anak sedang rewel-rewelnya.

Pastikan Keaslian Obat Demam Anak


Mungkin saat ini Anda bisa menemukan berbagai obat warungan yang dijual bebas, namun untuk memastikan keasliannya Anda bisa beli di apotik resmi atau online shop officialnya. Perhatikan juga waktu kadaluarsa dan kemasan yang Anda terima. Jika kemasan sudah dalam keadaan terbuka atau rusak, jangan pernah berikan obat di dalamnya untuk si kecil!

Mengetahui Dosis & Waktu Pemberian Obat Demam


Umumnya pemberian obat selain sesuai dengan usia anak juga sesuai dengan berat badannya yaitu 10 hingga 15 mg per kg. Anda juga tidak diperkenankan untuk memberikan obat dengan durasi waktu yang sering, jadi pemberian maksimalnya hanya 4x dalam sehari.

Untuk obat batuk pilek demam dalam bentuk sirup, Anda bisa menggunakan sendok takar atau tutup botol untuk diberikan kepada anak. Jangan sampai dosisnya terlalu tinggi karena akan menimbulkan berbagai efek samping.

Obat anak yang bisa Anda coba adalah Biogesic Anak. Ini adalah obat anak dalam bentuk sirup yang bisa dikonsumsi anak usia 3 hingga 10 tahun. Selain meredakan demam, dan nyeri tubuh, obat ini juga mampu meredakan dismenore, gangguan muskuloskeletal, dan arthritis pada anak. Dengan dosis yang sesuai anjuran dokter, Biogesic Anak mengandung paracetamol 160 mg per 5 ml takarannya.

Berikan obat ini sebelum atau sesudah makan dan tunggu hingga beberapa waktu. Umumnya demam turun setelah minum obat kemudian naik lagi, sehingga Anda tidak perlu khawatir karena ini tanda obat sedang bekerja secara maksimal.

Namun jika si kecil masih demam hingga lebih dari 3 hari segera periksakan anak ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih terarah dan sesuai.

Get notifications from this blog