√ Apa Itu Turnbuckle? - Sahabat Inspirasi

Apa Itu Turnbuckle?

Buat Anda yang bekerja dalam bidang konstruksi tidak asing dengan turnbuckle. Dimana, alat tersebut akan digunakan dalam pekerjaannya. Sehingga perlu memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan mengetahui dimana tempat jual turnbuckle tersebut.

Berdasarkan bagaimana bentuk ujungnya, turnbuckle mempunyai beberapa bentuk seperti hook, jaw, eye, jaw. Tiap jenis akan berbeda dalam penggunaannya. Namun, fungsinya tetap sama yaitu untuk mengontrol dan mengatur tingkat ketegangan sling atau wire rope.


Apa Itu Turnbuckle


Apa Itu Turnbuckle

Di Indonesia, turnbuckle biasa disebut dengan span skrup atau jarum keras. Adapun pengertian dari turnbuckle adalah suatu alat yang memiliki fungsi untuk mengatur ketegangan sling pada saat mengangkat (lifting) atau menarik (towing) suatu beban.

Span Skrup atau turnbuckle ini dapat digunakan untuk berbagai jenis sling, seperti rope sling, wire sling chain sling dan lain sebagainya. Dimensi yang dimiliki span skrup beraneka macam, seperti turnbuckle m12 ukurannya adalah ½” dengan panjang sebesar 310 mm.

Jenis Turnbuckle


Sesuai fungsinya, turnbuckle dipakai untuk mengatur ketegangan. Dimana, span skrup ini memiliki desain dengan dua mata di kanan dan kiri yang mana berfungsi sebagai pengait antara benda yang satu dengan benda yang lainnya sehingga tingkat tegangannya dapat diatur.

Berdasarkan bentuk matanya, ada 3 jenis turnbuckle, yaitu sebagai berikut :

  1. Eye : Bentuk matanya seperti lubang bulat.
  2. Hook : Bentuk matanya seperti gancu atau hook.
  3. Jaw : Bentuk matanya seperti sebuah ketapel dengan sebuah pengunci dibagian ujungnya.

Dengan bentuk mata yang berbeda dan dimensi yang berbeda pula, pastinya akan memiliki daftar harga turnbuckle yang berbeda. Dan, harga produk tersebut dapat dicek pada https://www.megajaya.co.id/.

Fungsi Turnbuckle


Setiap bentuk mata span skrup memiliki fungsi turnbuckle yang berbeda, dimana fungsinya akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dimana fungsinya berdasarkan bentuk mata span skrup adalah sebagai berikut :

1. Eye


Span Skrup dengan mata berbentuk eye ini fungsinya digunakan pada lubang yang berbentuk kait non permanen, misalnya hook dan shackle.

2. Hook


Turnbuckle dengan mata yang berbentuk hook ini fungsinya digunakan pada lubang yang berbentuk kait permanen, misalnya mata wire rope, shackle, dan eye bolt.

3. Jaw


Turnbuckle dengan mata yang berbentuk jaw ini fungsinya digunakan sama seperti span skrup dengan mata berbentuk hook. Namun, yang membedakannya adalah adanya fitur pengunci yang dapat membuat lebih aman saat digunakan.

Setiap lingkup pekerjaan akan membutuhkan jenis dan dimensi span skrup yang berbeda. Seperti turnbuckle m10 pada umumnya digunakan pada area pekerjaan mekanikal elektrikal dan plumbing (MEP). Dimana membutuhkan span skrup yang dibutuhkan ukuran kecil.

Saat ini banyak yang menjual span skrup. Namun, hanya Megajaya yang jual turnbuckle dengan berbagai varian. Cukup dengan mengunjungi https://www.megajaya.co.id/ Anda dapat memperoleh spanskrup yang Anda butuhkan.

Get notifications from this blog