√ 10 Cara Mengobati Wasir dengan Bahan Alami - Sahabat Inspirasi

10 Cara Mengobati Wasir dengan Bahan Alami

Ketika bagian anus terasa sakit dan BAB keluar darah itu tandanya kamu sedang mengalami wasir. Wasir sendiri dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi jika rasa sakit tidak tertahankan tidak ada salahnya mencari cara mengobati wasir dengan tepat.

Wasir adalah kondisi dimana adanya peradangan atau pembengkakan pada bagian pembuluh darah vena dibagian anus. Pembengkakan bisa juga terjadi pada saluran usus besar dan anus atau rektum.

Saat mengalami wasir bisa juga muncul rasa gatal dan sakit di anus ketika duduk. Penyebab wasir bisa karena sembelit sehingga terlalu sering mengejan dalam jangka waktu lama.

 

Cara Mengobati Wasir dengan Bahan Alami


Cara Mengobati Wasir dengan Bahan Alami

Wasir atau dikenal juga sebagai ambeien dapat menyerang siapa saja. Penyakit saluran pencernaan ini umumnya diderita oleh ibu hamil, pasien sembelit dan pasien yang mengalami diare kronis.

Penyakit saluran pencernaan ini pun bukan termasuk penyakit menular atau berbahaya. Walau begitu, jika mengalami wasir segera atasi dengan tepat. Karena, jika sering mengalami wasir dan gejalanya semakin besar maka pilihannya harus operasi.

Untuk itu, kamu bisa konsumsi obat wasir yang tersedia di apotek atau resep dari dokter. Selain itu, bisa juga menggunakan bahan alami yang ada di rumah.

Adapun cara mengobati wasir dengan bahan alami, yaitu:
 

1. Lidah Buaya


Pada lidah buaya terdapat zat anti peradangan yang dapat memberikan sensasi sejuk pada anus. Sehingga, akan melemaskan pembuluh darah yang meradang dan mengecilkan wasir.

Cara mengobati wasir dengan bahan alami lidah buaya cukup dengan oleskan bagian gel kebagian anus. Kamu juga bisa konsumsi lidah buaya karena dapat membuat dinding saluran pencernaan menjadi kencang dan feses yang keluar jadi lunak.
 

2. Cuka Apel


Bisa juga mengobati wasir menggunakan cuka apel. Caranya sangat mudah dengan merendam kapas pada cuka apel, lalu oleskan pada anus. Untuk hasil maksimal lakukan secara berulang hingga peradangan menghilang.

Penggunaan cuka apel bisa juga dicampurkan dengan air lalu bilas pada bagian anus yang meradang.
 

3. Kompres dengan Es


Sensasi dingin dari es mampu mengatasi peradangan di anus dan dapat mengecilkan ambeien. Cara menggunakan es batu untuk obat wasir dengan masukkan es ke dalam kain, lalu kompres bagian anus yang meradang dan diamkan selama 10-20 menit.
 

4. Garam Epsom dan Gliserin


Mengatasi wasir bisa dengan mengompres bagian anus menggunakan garam Epsom yang dicampur dengan gliserin. Garam Epsom dan gliserin dapat mengatasi rasa sakit akibat wasir.

Kompres bagian yang meradang dengan campuran masing-masing dua sendok makan garam Epsom dan gliserin. Diamkan selama 15 menit dan ulangi jika masih terasa sakit.
 

5. Konsumsi Makanan Sehat


Agar tidak mengalami sembelit maka konsumsi makanan sehat yang mengandung serat alami merupakan pilihan yang tepat. Sehingga, cukupi kebutuhan serat dari buah dan sayur agar BAB lancar.
 

6. Berendam dengan Air Hangat


Ketika mengalami rasa sakit karena peradangan pembuluh darah akibat wasir, kamu bisa berendam di air hangat kurang lebih 15 menit. Air hangat dapat menegcilkan pembuluh darah yang bengkak. Serta, mampu meningkatkan aliran darah dengan baik.
 

7. Ekstrak Kulit Pohon ek Putih


Walau terdengar asing, ekstrak kulit dari pohon ek putih bisa kamu temukan di toko herbal. Kandungan anti septik dan hemostatik dapat mengatasi gejala wasir yang parah.

Manfaat lain dari kulit ek putih bisa membersihkan permukaan mukosa atau selaput lendir sehingga dapat mengatasi gatal dan iritasi saat ambeien. Bahkan kulit ek putih tinggi akan kalsium yang menjadikan kapiler usus menjadi lebih kuat.

Cara mengobati wasir dengan bahan alami kulit pohon ek putih dengan merebus atau dikukus. Air rebusa cukup dioleskan pada lendir. Dapat juga dikonsumsi sebagai teh herbal.
 

8. Bawang Putih


Pada Bawang putih terdapat kandungan zat antiradang dan asam amino sebagai antibakteri. Sehingga, bisa untuk mengatasi wasir dengan menempelkan bawang putih kebagian anus. Bisa juga dengan konsumsi bawang putih mentah.
 

9. Akar Batu


Akar batu bisa menjadi alternatif untuk mengobati peradangan dan sakit akibat wasir. Hal ini karena akar batu bisa sebagai antioksidan, diuretik, antikejang, tonik, dan astringent.

Cara penggunaannya dengan merebus akar batu, lalu oleskan air hasil rebusan kebagian anus yang mengalami wasir.
 

10. Herbal Daun Ungu


Daun ungu sering digunakan sebagai obat tradisional yang ampuh dalam mengatasi wasir. Bahkan tidak sedikit produk kesehatan yang menggunakan daun ungu sebagai salah satu komposisinya.

Seperti, Kapsul Exstrak Ambexa Darusyifa yang terbuat dari ekstrak bahan alami pilihan dan diproduksi oleh Tenaga Ahli berpengalam. Untuk kandungan Ambexa terdiri atas herbal daun ungu, kunyit, temu putih, sambiloto, dan lidah buaya.

Kapsul Exstrak Ambexa Darusyifa

Kapsul Ambexa pun diproduksi oleh Tenaga Ahli berpengalaman dalam membuat obat tradisional. Jadi, kamu tidak perlu khawatir mengobati wasir dengan konsumsi kapsul Ambexa, karena khasiat obat wasir ini sudah dipercaya sejak zaman dahulu.

Get notifications from this blog