√ 4 Tips Menjaga Keamanan Data Anda di Cloud Storage - Sahabat Inspirasi

4 Tips Menjaga Keamanan Data Anda di Cloud Storage

Penyimpanan cloud termurah saat ini menjadi pertimbangan dalam menjaga keamanan data akun. Apalagi jika domain yang dimiliki lebih dari satu dan penting semua, seperti data perusahaan. harga yang lebih murah dan terjangkau sangat membantu dalam efektivitas kinerja cloud storage.

Itulah kenapa penting menjaga keamanan data perusahaan agar kinerja website selalu stabil. Masalahnya tidak banyak orang yang mengetahui cara menjaga keamanan data di cloud storage.


Penyimpanan Cloud Termurah di IndiHome


Cloud Storage adalah media penyimpanan data berbasis digital yang mengandalkan internet untuk dapat mengakses data. Cloud storage ini nantinya disimpan dalam beberapa server dan dikelola oleh pihak penyedia layanan cloud.

Salah satu penyedia layanan cloud storage yang terbaik adalah IndiHome. Sebagai penyedia layanan cloud storage yang terpercaya, IndiHome menyediakan cloud storage gratis dan juga berbayar. Bedanya pada kapasitasnya saja. Jika ingin kapasitas yang jauh lebih besar, maka layanan berbayar sangat direkomendasikan.

Ada 3 kapasitas cloud storage yang ditawarkan IndiHome, yaitu 16 GB, 32 GB dan 128 GB. IndiHome memberikan biaya penyimpanan cloud termurah dengan hanya Rp 16.000 per bulan untuk kapasitas penyimpanan 16 GB, Rp 30.000 per bulan untuk kapasitas penyimpanan 32 GB dan Rp 99.500 untuk kapasitas penyimpanan 128 GB.

Semakin banyak kapasitas yang digunakan, biaya penyimpanan cloud storagenya semakin murah. Kualitasnya juga tetap juara karena IndiHome terbukti memberikan yang terbaik untuk pelanggannya.

Penyimpnan cloud termurah di IndiHome tidak memerlukan perangkat keras untuk menyimpan data penting. Cukup dengan akses internet yang lancar, maka data penting perusahaan dapat tersimpan dengan aman. Efisien dan praktis kan.

Tips Menjaga Keamanan Data di Cloud Storage


Tips Menjaga Keamanan Data di Cloud Storage

Keamanan data di cloud storage sudah dijamin oleh IndiHome tidak akan bocor. Namun demikian tetap saja ada andil dari pengguna untuk ikut juga menjaga akunnya dari tindak kebocoran. Tips yang bisa dilakukan diantaranya :

1. Membuat Password yang Rumit dan Unik


Cara pertama untuk mengamankan akun adalah dengan membuat password yang rumit dan unik. Hindari menggunakan password dari hal-hal yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir, nama, alamat rumah dan lain sebagainya.

Semakin rumit dan unik password yang dibuat, semakin sulit akun dibobol oleh hacker. Tips yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan kombinasi antara angka, huruf dan juga symbol. Setelah menemukan password yang unik, jangan lupa untuk mengingatnya atau mencatatnya.

2. Jangan Samakan Semua Password


Kita kadang menyamaratakan password untuk mudah mengingatnya. Sayangnya, cara ini justru membuat akun kita rentan terhadap pembobolan hacker. Untuk mengatasi lupa password, catatnya setiap password yang dibuat dan bedakan password antara satu akun dengan akun yang lain.

Cara yang lebih aman selain mencatat password adalah dengan mengingatnya. Namun jika akun yang dimiliki banyak, tetap saja perlu pencatatan sebagai pengingat. Untuk keamanan yang lebih tinggi, pastikan catatan mengenai password ini juga terlindungi dan hanya kita saja yang mengetahuinya.

3. Selalu Logout Saat Tidak Digunakan


Keamanan akun akan terjaga jika kita selalu logout setiap kali selesai mengakses akun. Hindari menggugah save password karena akan otomatis muncul password ketika membuka akun lagi. 

Hal ini tentu saja sangat membahayakan, apalagi jika perangkat yang digunakan untuk membuka akun adalah fasilitas umum atau dipakai bersama pengguna yang lain.

Karenanya pastikan untuk selalu logout dan jangan pernah menyimpan password. Dengan begitu, hacker akan kesulitan untuk membobol akun kita.

4. Jangan Berikan Password Kepada Orang Lain


Password adalah kunci masuk kita ke dalam akun pribadi. Artinya hanya kita sendiri sebagai pemilik akun yang boleh masuk dan mengelola apa saja yang ada di dalam cloud storage. 

Jika password kita berikan kepada orang lain, artinya kita membiarkan orang lain masuk ke akun kita dan melihat semua data pribadi kita yang tersimpan di dalam cloud storage.

Penyerahan password ini tentu saja akan merentankan akun dan memudahkan hacker meretas data pribadi kita. Keamanan akun pun jadi lemah.

Jika password kita ternyata sudah diketahui oleh orang lain atau kita terlanjur memberikan kepada orang lain, maka segeralah ganti password untuk mengamankan kembali akun kita.

Itu dia tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan data kita di cloud storage. IndiHome menyediakan penyimpanan cloud termurah yang bisa dijadikan rekomendasi terbaik untuk penyimpanan data penting.

Paket yang disediakan pun variatif, tergantung dari banyak tidaknya data yang ingin disimpan dan kapasitas yang disediakan. IndiHome juga bagian dari Telkomsel yang membantu mendukung keamanan data pengguna di cloud storage.

Bersama IndiHome, data penting aman dan bebas dari serangan hacker.

Get notifications from this blog