√ 3 Vitamin penting untuk Kesehatan Saraf - Sahabat Inspirasi

3 Vitamin penting untuk Kesehatan Saraf

Pernahkah Anda mendengar tentang vitamin neurotropik? Bagi Anda yang sering merasa kesemutan yang lama dan hampir sepanjang hari, tentu sangat membutuhkan vitamin. Vitamin ini baik untuk kesehatan sistem saraf, dan menjaganya supaya tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Sistem saraf memang sesuatu yang sangat kompleks, dan terdiri dari banyak sel khusus atau neuron yang fungsinya untuk mentransmisikan sinyal dari berbagai macam bagian dalam tubuh Anda. Jadi bisa disebut jika sistem saraf ini semacam kabel listrik, namun di dalam tubuh manusia.

Sebagai informasi, di dalam tubuh ada tiga jeni saraf. Yaitu:

  1. Saraf otonom. Fungsinya untuk mengontrol pernapasan, detak jantung, tekanan darah, pencernaan dan pengaturan suhu tubuh. Sesuatu yang tak disadari oleh manusia sedang terjadi dalam tubuh
  2. Saraf motorik. Fungsinya dalam mengatur gerakan tubuh, jadi menyampaikan informasi dari otak dan sumsum tulang belakang ke otot Anda
  3. Saraf sensorik. Fungsinya untuk menyampaikan informasi yang berasal dari kulit dan otot

Seperti yang diketahui, bahwa sistem saraf ini krusial untuk aktivitas harian Anda, jadi saat sistem saraf mengalami gangguan, maka kualitas hidup Anda bisa terganggu dan Anda membutuhkan vitamin neurotropik.

Vitamin Neurotropik yang Dibutuhkan Tubuh


Vitamin Neurotropik yang Dibutuhkan Tubuh

Ada beberapa kondisi penyakit yang terjadi ketika Anda kekurangan vitamin neurotropik, tergantung pada saraf mana yang mengalami masalah. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga sistem saraf secara keseluruhan.

1. Vitamin B1


Vitamin yang satu ini sangat dibutuhkan oleh penderita kerusakan saraf akibat diabetes, mereka membutuhkan obat diabetes di apotik yang berupa vitamin B1. Adapun fungsinya untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit, mencegah sel-sel mengalami kerusakan juga.

Vitamin B1 akan membantu tubuh Anda dalam menghasilkan energi yang berasal dari nutrisi tubuh. Bahkan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel dibutuhkan vitamin ini.

Anda juga bisa redakan nyeri diabetes dan alkoholisme dengan mengonsumsi vitamin B1. Untuk gangguan penglihatan seperti glaukoma dan katarak pun bisa dikurangi efeknya. 

Bahkan Anda bisa menggunakan vitamin ini supaya bisa lebih konsentrasi saat belajar, mengurangi rasa stress, tingkatkan energi tubuh dan mencegah terjadinya kehilangan memori misalnya Alzheimer yang menyerang lansia.

Dapatkan vitamin ini dari kacang polong, makanan fermentasi, makanan yang telah difortifikasi dan beras merah juga.

2. Vitamin B6


Sementara itu, vitamin yang satu ini memiliki fungsi untuk menjaga ujung saraf Anda, dan menjaga fungsi saraf pusat. Dibutuhkan untuk sintesis dan metabolisme semua neurotransmitter dalam tubuh seorang manusia.

Hanya saja ada dampak negatif dari jenis vitamin yang satu ini, yaitu mudah marah, kesulitan berjalan, gugup, kelelahan dan pusing. 

Perlu Anda ketahui juga jika seseorang yang sedang dalam pengobatan kejang dan mengonsumsi obat anti kejang atau antikonvulsan dengan kandungan fenitoin atau suksinimid di dalamnya bisa membuat kadar B6 dalam darah berkurang kadarnya.

Untuk mendapatkan vitamin ini, maka konsumsi ikan, daging, kacang-kacangan, pisang, kentang dan masih banyak lagi.

3. Vitamin B12


Tubuh Anda membutuhkan vitamin B12 ini untuk memberikan dukungan pada sel saraf supaya tetap bisa berfungsi dengan normal. Neuropati perifer bisa terjadi jika tubuh Anda tidak mendapatkan vitamin ini dalam kadar yang cukup dan bisa sebabkan kerusakan saraf yang tak bisa diobati lagi.

Ternyata vitamin yang satu ini juga fungsinya mencegah anemia, jadi tak hanya memelihara kondisi mielin atau selubung saraf saja. Perlu Anda ketahui, jika sintesis mielin tidak cukup maka neurologis pun bisa rusak. 

Apalagi jika pada ibu menyusui, bayinya bisa mengalami gangguan kejang mioklonik, atrofi otak dan lainnya. Bahkan kebutaan kortikal juga bisa terjadi jika vitamin ini tidak dipenuhi oleh tubuh Anda.

Itulah dia beberapa vitamin neurotropik yang juga bisa menjadi obat diabetes di apotik. Setelah Anda membeli vitamin tersebut, pastikan Anda juga memulai gaya hidup yang sehat, jika ingin kondisi tubuh yang selalu sehat dan prima termasuk sistem saraf.

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin yang dibutuhkan untuk sistem saraf Anda, juga konsumsi vitamin Neurobion yng mengandung sejumlah vitamin untuk kesehatan saraf Anda.

Get notifications from this blog