√ Manfaat Teh Hijau untuk Kulit Wajah yang Terawat - Sahabat Inspirasi

Manfaat Teh Hijau untuk Kulit Wajah yang Terawat

Sahabatinspirasi.com - Anda pasti sering mendengar mengenai manfaat teh hijau, bukan hanya menjadi salah satu minuman hangat yang nikmat, namun juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan juga kecantikan kulit loh.


Untuk mendapatkan manfaatnya bagi tubuh, bukan hanya dengan mengonsumsi teh hijau saja, namun juga bisa dengan mengolah teh hijau untuk dijadikan produk perawatan kulit. Misalnya saja untuk masker wajah.


6 Manfaat Teh Hijau untuk Kulit Wajah


Manfaat Teh Hijau untuk Kulit Wajah


Dengan adanya aneka kandungan alami di dalam teh hijau, memberikan banyak manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit wajah yang terawat. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan jika menggunakan teh hijau sebagai masker alami, silahkan disimak:


1. Mampu Melawan Penuaan Dini


Manfaat yang pertama dari teh hijau adalah mampu mencegah munculnya berbagai tanda penuaan dini pada kulit. Hal itu bisa terjadi karena terkandung molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) dalam teh hijau. 


Bahkan berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa teh hijau bisa meremajakan sel kulit, memperbaiki sel kulit wajah dan mampu atasi kulit kusam sehingga wajah terlihat lebih cerah. Dengan adanya tambahan vitamin B2 di dalamnya mampu menjaga kadar kolagen dalam kulit juga.


2. Atasi Jerawat dan Kulit yang Berminyak


Di dalam teh hijau terkandung antioksidan dan antimikroba, selain itu juga ada anti peradangan. Tak heran jika karena kandungannya itu, ampas teh hijau sangat baik untuk yang memiliki wajah berjerawat, dan yang berminyak.

 

Rutin menggunakannya sebagai masker bisa mencegah minyak berlebih karena adanya kandungan polifenol. Kandungan tersebut akan mencegah produksi minyak yang berlebihan, dan secara otomatis jerawat juga akan berkurang kemunculannya.


Polifenol mampu melawan infeksi di kulit, dengan cara merusak membran bakteri dan cocok untuk yang mengalami jerawat meradang, dengan masker teh hijau mampu mengatasi jerawat dan bakteri penyebabnya.


3. Untuk Melembapkan Kulit


Apabila rutin dalam menggunakan teh hijau sebagai masker wajah, maka manfaat teh hijau yang akan didapatkan adalah kulit yang lebih lembap. Hal itu bisa terjadi karena di dalamnya terkandung vitamin E, yang mana kita tahu jika itu baik dalam menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit kita.


Bahkan dalam beberapa penelitian resmi, ditemukan bahwa partisipan yang mengoleskan ekstrak teh hijau pada area lengan mereka, mengaku jika kulitnya jadi lebih lembut dan lembap.


4. Mampu Melawan Kanker Kulit


Kanker kulit pun bisa dihalau dengan mengosumsi dan menggunakan teh hijau dalam keseharian kita. Bukan hanya mengandung EGCG saja, sebab dalam teh hijau juga terkandung epicatechin gallate (ECG).


Nah, molekul tersebut fungsinya untuk menangkal radikal bebas, yang mana radikal bebas bisa membuat sel tubuh jadi rusak. Apabila sel tubuh sudah mulai rusak, maka berbagai penyakit pun bisa datang termasuk juga kanker.


5. Untuk Redakan Kulit yang Iritasi dan Kemerahan


Apabila kulit wajah mengalami iritasi dan kemerahan, maka kita bisa manfaatkan teh hijau sebagai solusinya. Sebab dalam teh hijau ada banyak zat antiradang yang mampu atasi kulit iritasi dan memerah.


Kulit yang iritasi memang bisa disebabkan oleh banyak hal, namun untuk menyembuhkannya cukup gunakan masker teh hijau saja.


Manfaat teh hijau ini muncul berkat sifat antiradang yang berasal dari kandungan polifenol. Bahkan jika mengalami luka sayatan yang tidak terlalu besar, bisa gunakan ampas teh hijau untuk menutupnya.


6. Untuk Mengatasi Mata yang Sembap


Ampas teh hijau juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk wajah, apalagi untuk bagian mata kita. Bila area mata membengkak atau sembap, maka kompres mata dengan menggunakan kantong teh hijau dingin yang sudah tidak digunakan, biarkan selama 30 menit, rasakan perbedaannya.


Jadi berdasarkan Journal of Applied Pharmaceutical Science, ternyata adanya kafein dalam teh hijau akan mengurangi pembengkakan dan juga radang pada wajah, termasuk mata yang bengkak.


Itulah dia beberapa manfaat teh hijau untuk kulit wajah yang lebih bersih dan terawat. Sangat simple untuk digunakan setiap hari, dan juga tidak menghabiskan banyak biaya. Kita bisa menikmati seduhan teh hijau, dan menggunakan ampasnya untuk membuat masker.

Get notifications from this blog